Connect with us

Raket

PBSI Ingin Skuad Indonesia Siap Mental Hadapi Piala Sudirman 2021

Skuad Indonesia akan bertolak ke Finlandia satu pekan lebih cepat karena harus melalui masa isolasi terlebih dulu.

Diterbitkan

on

Siap Mental Hadapi Piala Sudirman 2021 (suara pakar)
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. (Sumber: Getty Images)

Suarapakar.com – Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky berharap supaya Tim Indonesia bisa benar-benar siap menghadapi pagelaran Piala Sudirman 2021. Ia ingin melihat Hendra Setiawan dan kawan-kawan pulang dengan prestasi tinggi.

Mengingat Piala Sudirman adalah salah satu turnamen bulutangkis beregu yang bergengsi di dunia, Rionny mengingatkan semua pemain agar melakukan persiapan dengan matang. Harapannya jelas, agar Indonesia bisa tampil kompetitif dan mengalahkan semua rivalnya.

Mengingat hasil Olimpiade Tokyo 2020 yang tidak begitu bagus, ungkapnya, mau tidak mau persiapan ekstra harus dilakukan agar semua pemain bisa lebih matang.

“Untuk persiapan Piala Sudirman kita telah melakukan pertandingan simulasi. Saya juga telah minta ke pelatih-pelatih untuk mempersiapkan para atlet dengan sebaik-baiknya dan melihat kelemahan atletnya bagaimana,” ucap Rionny.

“Saya harap minggu ini mereka bisa lebih fokus lagi. Dari kondisi pemain juga tidak ada yang cedera, jadi minggu ini kita bisa latihan lebih ketat lagi dan saya harap mereka sudah siap bertarung di Piala Sudirman,” tukasnya sekali lagi.

Baca juga: PBSI Resmi Umumkan Skuad Tim Indonesia di Piala Sudirman 2021

Peluang Skuad Indonesia di Piala Sudirman 2021 Cukup Besar

Lebih lanjut Rionny menyebut, peluang untuk Indonesia juara di Sudirman Cup 2021 cukup besar. Di Piala Sudirman kali ini, China dan Taiwan dipastikan tampil tanpa kekuatan penuh.

Sebelum menghadap China atau negara kuat bulutangkis lainnya, Indonesia harus lebih dulu mampu lolos dari fase Grup C. Di Grup C Piala Sudirman 2021, Indonesia tergabung bersama dengan Denmark, Rusia dan Kanada.

Rionny menyebut, konsentrasi penuh saat ini tertuju untuk bisa mengalahkan Denmark dan lolos sebagai juara grup.

“Peluang lebih besar, tetapi kita tidak boleh anggap remeh. Kami tetap persiapkan pemain semaksimal mungkin. Kami juga menganggap penting, siapapun lawan kita harus kita keluarkan permainan terbaik meskipun ini menguntungkan buat kita,” kata Rionny dalam konferensi pers virtual, Selasa (14/9/2021).

Menghadapi Denmark, Rionny mengaku sudah mengantongi analisis kekuatan dari semua sektor.

“Di penyisihan grup, tanpa mengecilkan kemampuan Rusia dan Kanada, lawan terberat adalah Denmark. Dari hitung-hitungan di atas kertas, memang perlu perjuangan dan kerja keras lawan Denmark, tetapi Denmark akan bisa kami atasi untuk bisa jadi juara grup,” ujarnya.

“Tunggal putra kekuatannya 50-50, tunggal putri ada Denmark ada Mia (Blichdfeldt, peringkat 12 dunia), tetapi saya yakin dari wakil kita siap, 40-60. Ganda putra dengan tiga pasangan terkuat dunia harusnya kita bisa. Ganda putri kita ada andalan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Ganda campuran ini penentuan, siapa yang siap yang bisa menang,” kata Rionny.

Berangkat ke Finlandia Lebih Cepat

Skuad Indonesia di kejuaraan beregu Piala Sudirman 2021 yang terdiri atas 20 atlet, akan bertolak ke Finlandia satu pekan lebih cepat karena harus melalui masa isolasi terlebih dulu. Setibanya di Vantaa, kata Rionny, seluruh kontingen Merah Putih juga akan menjalani tes Covid-19 melalui metode saliva atau air liur.

“Di sana ada tes juga, tapi bukan metode PCR, memakai saliva. Pengujiannya juga tidak setiap hari dilakukan,” ujarnya.

Menjelang keberangkatan, PP PBSI memperketat program persiapan dan latihan bagi atlet sebelum terbang ke Vantaa, Finlandia. Latihan yang semakin ketat, lanjut Rionny, sengaja diberikan agar setiap atlet dapat bertanding dengan maksimal di ajang bergengsi itu.

“Saya harap mereka bisa lebih siap dan fokus lagi, dan sejauh ini mereka tidak ada yang cedera dan bisa berlatih normal,” jelasnya.

“Untuk minggu ini bisa menjalani latihan yang lebih ketat lagi, dan saya harap nanti sudah siap untuk bertarung di Piala Sudirman,” sambung Rionny.

Saat ini Rionny menyebut semua pemain yang masuk di Skuad Tim Indonesia untuk Piala Sudirman dalam kondisi yang sangat baik. Rencananya, pekan ini intensitas latihan akan dibuat lebih ketat sebelum keberangkatan pekan depan.

Berita Populer