Connect with us

Raket

Para Penghuni Baru Pelatnas PBSI 2022 Jalani Serangkaian Tes

Diterbitkan

on

Suara Pakar - Penghuni Baru Pelatnas PBSI 2022
Para Penghuni Baru Pelatnas PBSI 2022 Jalani Serangkaian Tes, (Foto: PBSI)

Suarapakar.com – Sebanyak 16 atlet menjalani serangkaian tes pada 17-18 Januari di pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta usai memenangkan ajang Seleksi Nasional (Seleknas) PBSI 2022 pekan lalu.

Kasubid Pengembangan Sport Science PBSI, Iwan Hermawan, menyebutkan, ada tiga tes yang wajib diikuti para pemenang Seleknas 2022, yakni tes kesehatan, psikotes, hingga tes fisik. Adapun tujuan tes ini untuk melihat potensi mereka secara nonteknis dan potensi cedera yang bisa saja menghambat perkembangan saat mulai berlatih bersama tim nasional.

“Jadi kami mau melihat potensi mereka, tidak hanya secara teknis tapi juga komponen-komponen pendukung seperti kesehatan, mental dan fisik. Kami juga ingin mengetahui apa mereka punya riwayat cedera atau tidak, ini menjadi penting karena atlet-atlet ini akan kami proyeksikan ke level internasional. Jangan sampai yang sering terjadi selama ini, sampai di sini ada cedera dan tidak bisa berprestasi lagi,” jelas Iwan dalam siaran pers Humas PP PBSI, Selasa (18/1/2022).

Untuk tes kesehatan, ungkap Iwan, mencakup tes pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan tanda-tanda vital dan tinggi-berat badan, rontgen, pemeriksaan postural, foot scan, dokter umum, EKG, gizi, dan Brighton score test. Sementara tes fisik meliputi functional movement screen, vertical jump, court agility, RAST test, dan multi-stagefitness test (beep test).

“Untuk tes fisik ini kami lakukan secara spesifik seperti tes kelincahan, daya tahan, dan kekuatan tungkai. Untuk kelincahan dipakai court agility, kemampuan daya tahan kardiovaskuler jantung paru kami gunakan beep test dan ada pengukuran kekuatan tungkai karena di bulutangkis selain gerakan tangan juga diperlukan power tungkai yang memadai untuk menunjang footwork, lompat dan gerakan eksplosif seorang atlet,” jelas Iwan.

“Secara umum walau nanti datanya harus diolah dahulu, saya melihat standar mereka ada yang sudah di tahapan baik dan ada yang masih di tahapan sedang. Bila nantinya mereka lolos, ini akan menjadi pekerjaan rumah kami untuk meningkatkan fisik-fisik mereka untuk mendapatkan level yang diharapkan,” kata Iwan.

Selain tiga tes tadi, PP PBSI melalui Bidang Keabsahan dan Sistem Informasi juga melakukan screening data usia para atlet tersebut. Bila nanti ditemukan penyimpangan usia, maka otomatis tiket masuk ke pelatnas akan gugur.

Daftar Penghuni Baru Pelatnas PBSI 2022

Berikut para juara Seleknas PBSI 2022, dimana mereka adalah para juara Taruna dan Dewasa pada Seleksi Nasional (Seleknas) PBSI 2022 yang digelar pada 10-15 Januari lalu:

Taruna

Tunggal Putra
Muhammad Reza Al Fajri (DKI Jakarta)

Tunggal Putri
Mutiara Ayu Puspitasari (Jawa Tengah)

Ganda Putra
Daniel Edgar Marvino/Raymond Indra (Jawa Tengah)

Ganda Putri
Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani (Jawa Tengah)

Ganda Campuran
Rafli Ramanda/Az Zahra Putri Dania (Jawa Barat)

Dewasa

Tunggal Putra
Alfito Pringgo Yudanto (Kalimantan Selatan)

Tunggal Putri
Kyla Legiana Agatha (Jawa Barat)

Ganda Putra
Gerardo Rizqullah Hafidz/Muhammad Gibran Arfiansyah (DKI Jakarta)

Ganda Putri
Ridya Aulia Fatasya/Sofy Al Mushira Asharunnisa (Jawa Tengah)

Ganda Campuran
Muhammad Gibran Arfiansyah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (DKI Jakarta)

Berita Populer