Connect with us

Nasional

Ombudsman: Pemprovsu dan Pemko Medan Tak Siap Soal PPKM Darurat

“Saya pikir sebaiknya sebelum kebijakan itu dilakukan pemerintah sudah siap dengan kompensasi yang bisa meringankan persoalan masyarakat.”

Diterbitkan

on

Ombudsman: Pemprovsu dan Pemko Medan Tak Siap Soal PPKM Darurat (suara pakar)
Kericuhan saat penertiban pemilik warung kopi di Medan. (Sumber: istimewa)

Suarapakar.com – Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) menilai kebijakan Pemerintahan Provinsi Sumut (Pemprovsu) dalam memberlakukan PPKM Darurat di Kota Medan masih sangat prematur serta minim kajian. Hal ini membuat seluruh warga Kota Medan malah ditimpah masalah baru.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar mengatakan pemberlakuan PPKM Darurat oleh Pemprovsu tidak didasari kajian kuat akan dampak dari kebijakan tersebut. Menurutnya, tidak adanya bantuan dari pemerintah membuat sejumlah masyarakat yang mencari nafkah dari sektor non esensial mendapat masalah baru yakni kelaparan.

“Pemko Medan dan Pemprov Sumut saya pikir ini yang harus dimatangkan. Ketika ada pembatasan kegiatan pemerintah sudah memikirkan antisipasi. Kalau masyarakat disuruh bersabar harusnya ada kompensasi, jadi ketika rakyat sudah lapar tapi disuruh bersabar, lapar itu tidak bisa menunggu,” ungkapnya, Jumat (16/7/2021).

Abyadi menegaskan bahwa kebijakan pemberlakuan PPKM Darurat tujuannya untuk melindungi masyarakat dari Covid-19 malah semakin menyengsarakan rakyat lantaran tidak adanya kompensasi yang diberikan oleh pemerintah. Dia menyebut Pemrovsu dan Pemko Medan tak siap dalam pemberlakukan PPKM Darurat di Kota Medan.

“Saya pikir sebaiknya sebelum kebijakan itu dilakukan pemerintah sudah siap dengan kompensasi yang bisa meringankan persoalan masyarakat. Bukan langsung dilakukan kebijakannya, baru berpikir di situ merencanakan soal kompensasi. Situasi sekarang kita lihat sudah mendera rakyat membuat rakyat susah, itu tidak bisa kita pungkiri,” tegasnya.

Baca juga: 12 Daerah di Sumut Masuk Level 3, Gubsu: Perlu Penanganan Ekstra

Bantuan Dari Pemko Medan Tak Kunjung Tersalurkan

Seperti diketahui beberapa waktu lalu Walikota Medan Bobby Nasution mengatakan akan memberikan bantuan sosial berupa kebutuhan pokok untuk masyarakat Kota Medan selama pemberlakuan PPKM Darurat berlangsung. Namun sampai saat ini, bantuan tersebut belum diterima oleh warga Kota Medan.

Ini sudah kita ajukan, sudah kita sepakati. Ada 20 ribu masyarakat yang akan kita bantu. Ini kita berikan sembako saja. Karena kalau uang tunai, kita mendatanya lagi, kita minta rekeningnya lagi, ini yang sulit,” katanya beberapa waktu lalu.

Reporter : Jafar Wijaya

GRANPRIZE

Berita Populer