Connect with us

Nasional

Obati Covid-19, Pemprov Sumut Berencana Teliti Tanaman Herbal

“Herbal yang akan kita teliti adalah sambiloto, sambiloto sudah dilakukan penelitian tapi memang belum sampai uji klinis akhir. Ini akan kita mulai dan tim sudah terbentuk agar bekerja,”

Diterbitkan

on

Pemprov Sumut Berencana Teliti Tanaman Herbal
Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, (Foto: M Rizky Harahap/Suarea Pakar)

Suarapakar.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) berencana akan meneliti tanaman herbal untuk pengobatan Covid-19.

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah mengungkapkan bahwa di wilayah Sumut banyak ditemukannya tumbuhan herbal yang bisa di manfaatkan untuk pengobatan.

Di masa pandemi Covid-19, Musa menjelaskan, pemerintah dan para dokter telah berupaya menemukan obat untuk memberantas virus Covid-19.

“Kita berfikir, kenapa kita yang memang dianugerahi oleh Tuhan mempunyai tanaman tumbuhan herbal yang selama ini bisa memberikan kesembuhan bagi penyakit-penyakit dan salah satunya virus covid ini,” ungkap pria yang akrab disapa Ijeck, Kamis (1/7/2021).

“Pastinya bagaimana orang agar tidak terkena virus ini harus imunnya baik. Dengan imun baik, banyak tanaman herbal yang bisa meningkatkan imunitas,” lanjutnya.

Ijeck menuturkan, pihaknya telah membentuk tim untuk melakukan penelitian dan pengujian lebih lanjut terhadap tumbuhan herbal yang dimaksud.

Herbal yang akan kita teliti adalah sambiloto, sambiloto sudah dilakukan penelitian tapi memang belum sampai uji klinis akhir. Ini akan kita mulai dan tim sudah terbentuk agar bekerja,” ucapnya.

Dia mengatakan, penelitian ini ditargetkan sebelum bulan Desember telah mendapatkan hasil. Nantinya, hasil tersebut akan diberikan kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan tidak lewat dari pada Desember ini udah ada hasilnya dan akan disampaikan ke masyarakat. Tapi berdasarkan penelitian sekarang pun sudah ada manfaatnya bagi orang yang terkena covid,” ujar Ijeck.

Baca juga: Sudah Dapat Izin, Pemprov Sumut Akan Vaksinasi Anak Usia 12 Tahun Keatas

Pengobatan Herbal Covid-19 Telah Banyak Digunakan Negara Lain

Lebih lanjut, Ijeck menjelaskan bahwa pengobatan herbal telah banyak digunakan oleh masyarakat di negara lain. Namun, pengobatan herbal ini belum diketahui berapa besar dosis yang ada di dalamnya.

“Sebagai informasi daerah negara-negara lain juga sudah berkembang tentang masalah herbal ini. Jadi ini juga masyarakat kita semuanya kita bisalah mengkonsumsi makanan-makanan bergiji herbal-herbal yang ada mudah-mudahan ini bisa meningkat imunisasi,” sebutnya.

“Herbal ini juga harga murah dan juga ada disekitar kita dan mungkin juga bisa menjadi tanaman apotik buat di kareangan rumah,” tambah Ijeck.

Reporter: Alfiansyah

GRANPRIZE

Berita Populer