Connect with us

Peristiwa

Mobil Terperosok ke Danau Toba, Polisi Periksa 9 Orang

“Kecelakaan itu dikarenakan ramp door (rantai) KMP Ihan Batak terlepas sehingga saat mobil keluar dari kapal terjatuh ke danau,”

Diterbitkan

on

Mobil Avanza hitam BK 1421 QP nyaris tenggelam usai terperosok ke Danau Toba saat terjatuh dari kapal feri Ihan Batak di Pelabuhan Ambarita Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir, Senin (31/5/2021). (Sumber: Screenshoot Video).

Suarapakar.com – Polisi periksa 9 orang saksi terkait insiden mobil Avanza terperosok ke Danau Toba akibat terjatuh dari Kapal Feri Ihan Batak di Pelabuhan Ambarita, Kecamatan Simanindo, Samosir. Senin (31/5/2021) lalu.

Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, mengatakan pemeriksaan tersebut untuk memastikan penyebab mobil tersebut tercebur ke Danau Toba yang menewaskan satu orang penumpang.

Ia menyebutkan, dari hasil pemeriksaan sementara diketahui bahwa mesin kapal pada saat bongkar muat dalam keadaan mati. Lalu, tali tris yang digunakan dipasang pada 2 border serta saat bongkar angkutan dari kapal penumpang berada di dalam kapal.

Kecelakaan itu dikarenakan ramp door (rantai) KMP Ihan Batak terlepas sehingga saat mobil keluar dari kapal terjatuh ke danau,” ungkap MP Nainggolan, Kamis (3/6/2021).

“Dan kapal bergerak pada saat bersandar di dermaga karena sling rampdoor keluar dari porosnya,” lanjutnya.

MP Nainggolan menjelaskan, Polres Samosir juga telah mengirimkan surat permintaan ahli ke Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) dan Dirjen Hubungan Darat Kemenhub RI, untuk membantu penyelidikan atas insiden yang terjadi di KMP Ihan Batak.

“Pihak kepolisian Resort Samosir telah meminta kerjasama kepada staff ahli BPTD dan Dirjen hubdat Kemenhub RI, untuk membantu melakukan penyelidikan dan membuat rumusan serta kebijakan terkait kesimpulan insiden tersebut,” katanya.

Baca juga: Jatuh Dari Kapal Feri, Mobil Avanza Nyemplung ke Danau Toba

Mobil Terperosok ke Danau Toba Saat Keluar Dari Kapal Feri

Diketahui sebelumnya, satu unit mobil minibus nyaris tenggelam ke Danau Toba saat terperosok dari Kapal Feri Ihan Batak di Pelabuhan Ambarita Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir, Senin (31/5/2021) sekitar pukul 15.00 WIB.

Mobil Avanza hitam BK 1421 QP dengan penumpang empat orang didalamnya akan keluar dari kapal. Nahas, tali tross kapal putus membuat mobil terperosok diujung dermaga.

Karena kejadian itu, seluruh penumpang terperangkap dalam mobil nahas tersebut. Hanya tiga penumpang dalam mobil tersebut selamat, sedangkan satu lainnya meninggal dunia.

Korban tewas diketahui bernama Desy Marizdayani (32). Sedangkan penumpang lainnya yang selamat, Farida (72) dan Zulkarnain Tanjung (76), keduanya warga Kota Tebingtinggi. Serta Neini Syafrina (33) warga Kota Pematangsiantar.

Reporter: Alfiansyah

Berita Populer