Connect with us

Nasional

Meski di Penjara, Elektabilitas HRS Lebih Tinggi dari Puan Maharani

Diperoleh mantan Imam Besar FPI Habieb Rizieq Shihab (HRS) mendapat dukungan sebesar 1,6 persen.

Diterbitkan

on

Meski di Penjara, Elektabilitas HRS Lebih Tinggi dari Puan Maharani (suara pakar)
Habieb Rizieq Shihab dan Puan Maharani. (Sumber: Istimewa)

Suarapakar.com – Elektabilitas Habib Rizieq Shihab (HRS) ternyata lebih tinggi dari Ketua DPR RI Puan Maharani di survei Pilpres. Padahal HRS masih mendekam di penjara.

Hasil tersebut diperoleh dari survei Saiful Mujani Research & Consuling (SMRC) melakukan survei untuk mengetahui elektabilitas sejumlah tokoh yang disebut-sebut berpeluang menjadi calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Survei tersebut, diperoleh mantan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) mendapat dukungan sebesar 1,6 persen.

Hal ini menunjukkan jika meski mendekam dalam penjara, Habib Rizieq Shihab masih menjadi perhatian oleh pengikut yang selalu mendukungnya.

Sementara itu Ketua DPR dan juga anak dari Megawati Soerkarno Putri, Puan Maharani hanya meraih 0,8 persen.

Baca juga: Tito Mendadak Temui Jokowi, DPR Tunda Rapat Penetapan Tanggal Pemilu 2024

Prabowo Subianto Raih Elektabilitas Tertinggi

Direktur riset SMRC Deni Irvani mengatakan, elektabilitas teratas diraih Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 18,1 persen, disusul Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebanyak 15,8 persen dan Gubernur DKI 11,1 persen.

Kemudian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendapat peroleh dukungan 4,8 persen dan yang lain mendapat dukungan di bawah 4 persen. Sebanyak 16,3 persen responden mengakut tidak tahu atau tidak menjawab.

“Dari Maret 2020 ke September 2021, dukungan kepada Ganjar Pranowo dalam simulasi semi terbuka meningkat dari 6,9 persen menjadi 15,8 persen. Sementara dukungan kepada Prabowo cenderung melemah dari 19,5 persen menjadi 18,1 persen, dan Anies sedikit naik dari 10,1 persen menjadi 11,1 persen,” kata Deni melansir JPNN, Kamis (7/10/2021).

Dia menjelaskan dukungan untuk Sandiaga Uno pada periode Maret hingga September 2021 cenderung melemah sebesar 2,5 persen.

Direktur riset SMRC Deni Irvai mengatakan, pihaknya melakukan survei terhadap 1.220 responden yang sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah di seluruh Indonesia.

Metode survei ini dilakukan dengan wawancara secara tatap muka yang dilakukan pada 15 hingga 21 September 2021.

KELASTRADING

Berita Populer