Connect with us

Nasional

Menkumham: Sekarang Dirikan PT Tak Perlu Akta Notaris

Pelaku usaha juga dibebaskan dari kewajiban untuk mengumumkan dalam Tambahan Berita Negara sebagai bentuk penyederhanaan birokrasi.

Diterbitkan

on

akta notaris dirikan PT
Menkumham, Yasonna Laoly. (foto: republika.co.id)

Suarapakar.com – Kini, masyarakat tak perlu lagi akta Notaris dalam mendirikan Perseroan Terbatas (PT). Soalnya, Kementerian Hukum dan HAM telah mempermudahnya setelah Undang-undang Cipta Kerja terbentuk.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan pendirian perusahaan tanpa akta Notaris itu untuk mempermudah pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) dalam mendirikan perusahaan.

Caranya, cukup mudah, yakni hanya dengan mengisi form pernyataan pendirian secara elektronik, sehingga tak membutuhkan akta notaris. Namun sayang, Yasonna belum merinci pengisian form secara elektronik itu.

Program ini sudah diatur dalam UU Cipta Kerja, melalui keberadaan Perseroan Perorangan dengan tanggungjawab terbatas. Yasonna menambahkan dengan adanya Perseroan Perorangan maka pelaku usaha dapat membentuk Perseroan Terbatas dan pendirinya cukup satu orang.

Perseroan Perorangan ini sudah diatur dalam PP Nomor 8 Tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan serta Pendaftaran Pendirian, Perubahan dan Pembubaran Perseroan yang memenuhi kriteria untuk Usaha Mikro dan Kecil.

Aturan ini termasuk dalam 49 peraturan pelaksana UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang telah diundangkan ke dalam Lembaran Negara RI pekan lalu.

“Ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk mewujudkan kemudahan berusaha. Berdasarkan laporan World Bank, Indonesia saat ini berada pada peringkat ke-73 dari 190 negara dalam hal kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business dan berupaya masuk ke posisi lower forties,” jelas Yasonna saat memberi sambutan pada diskusi interaktif mengenai arah kebijakan pemerintah dalam UU Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja, Senin (22/2/2021).

Baca juga: Jokowi Rombak Rumus Upah Buruh Baru Dari PP Turunan UU Cipta Kerja

Tak Perlui Akta Notaris, Ini Kelebihan Perseroan Perorangan

Yasonna menambahkan salah satu kelebihan dalam Perseroan Perorangan adalah memberikan perlindungan hukum kepada para pelaku usaha. Sebab, dalam Perseroan Perorangan, kekayaan pribadi dan perusahaan dalam bentuk pernyataan modal dipisahkan.

Tentunya, hal ini akan memudahkan pelaku usaha dalam mengakses pembiayaan dari perbankan.

Selain itu, pelaku usaha juga dibebaskan dari kewajiban untuk mengumumkan dalam Tambahan Berita Negara sebagai bentuk penyederhanaan birokrasi.

Terkait badan hukumnya, untuk Perseroan Perorangan juga tak perlu menunggu lama untuk pengesahannya. Sebab, pelaku UMK bisa memperoleh status badan hukumnya setelah mendaftarkan pernyataan pendirian secara elektronik dan memperoleh tanda bukti pendaftaran.

Berita Populer