Connect with us

Al Islam

Menjadi Istri Solehah, Berdasarkan Al Quran dan Hadits

Setiap muslim tentu berharap mendapatkan istri yang solehah sebagai pendamping hidupnya di dunia dan akhirat kelak. Bagi kaum perempuan yang ingin menjadi istri solehah, ini caranya!

Diterbitkan

on

suara pakar
Bagi yang ingin menjadi istri solehah, ini ciri-ciri yang harus ia miliki. (foto: Islamidia.com).

Suarapakar.com – Bagi kaum perempuan yang ingin menjadi istri solehah, ini ciri-ciri istri solehah berdasarkan dari sumber Al Quran dan Hadits.

Sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ

“ … perempuan yang solehah, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka), …” (Surat ke-4 An Nisaa, ayat 34).

Dalam sebuah hadits Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri solehah.” (Hadits Riwayat Muslim).

Baca juga: Ini Amalan Rasulullah pada Bulan Sya’ban, Hadits Shahih!

Istri Solehah dalam Pandangan Rasulullah

Iyyad bin Musa bin Iyadh As Sibti Al Yahshubi, seorang ulama bermadzhab Maliki (lahir: Sebta / Ceuta, ujung utara Maroko, Spanyol, dan wafat: Bab aylan, Marrakech, tahun 1149 M) terkenal juga dengan panggilan Al Qadhi ‘Iyadh Rahimahullah berkata,

“Tatkala Nabi Shollallahu ‘alaihi wa sallam menerangkan kepada para sahabatnya bahwa tidak berdosa mereka mengumpulkan harta selama mereka menunaikan zakatnya,

Beliau Shollallahu ‘alaihi wa sallam memandang perlunya memberi kabar gembira kepada mereka dengan menganjurkan mereka kepada apa yang lebih baik dan lebih kekal yaitu istri yang solehah yang cantik (lahir batinnya) karena ia akan selalu bersamamu menemanimu.

Bila engkau pandang menyenangkanmu, ia tunaikan kebutuhanmu bila engkau membutuhkannya. Engkau dapat bermusyawarah dengannya dalam perkara yang dapat membantumu dan ia akan menjaga rahasiamu.

Engkau dapat meminta bantuannya dalam keperluan-keperluanmu, ia menaati perintahmu dan bila engkau meninggalkannya ia akan menjaga hartamu dan memelihara / mengasuh anak-anakmu.” (‘Aunul Ma‘bud, 5/57), melansir dari asysyariah.com (14/11/2011).

Sebagaimana dalam keterangan haditsnya, Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Umar bin Khaththab Radhiyallahu ‘anhu,

أَلاَ أُخْبِرَكَ بِخَيْرٍ مَا يَكْنِزُ الْمَرْءُ، الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ إِذَا نَظرَ إِلَيْهَا سَرَّتْهُ، وَإِذَا أَمَرَهَا أَطَاعَتْهُ، وَإِذَا غَابَ عَنْهَا حَفِظَتْهُ

“Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri solehah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan menaatinya, dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” (Hadits Riwayat Abu Daud No. 1417).

Asy Syekh Muqbil Rahimahullah, seorang pendiri sekaligus mudir (rektor) pertama Ma’had Darul Hadits Dammaj, Yaman (Lahir: Dammaj, Yaman, tahun 1932 M, dan wafat: Mekah, Arab Saudi, tahun 2001 M), berkata dalam kitab Al Jami’ush Shahih, 3/57, “Hadits ini Shahih di atas syarat Muslim.”

Wallahu a’lam,

Berita Populer