Connect with us

Edukasi Trading

Mengenal Analisis Teknikal, Persiapan Trading Jadi Makin Profit

“Perlu digarisbawahi adalah bahwa tugas Anda adalah menceritakan atau memprediksi masa depan bukannya masa lalu,”

Diterbitkan

on

Kenali Analisis Teknikal (suara pakar)
Foto ilustrasi analisis teknikal. (Sumber: Irfan.id)

Suarapakar.com – Trader pasti sering mendengar analisis teknikal sebagai salah satu cara untuk memprediksi pergerakan harga. Hal ini penting dikuasai secara mendetail demi meraup profit yang konsisten.

Analisis teknikal sendiri adalah cara menganalisis pergerakan harga aset di pasar finansial menggunakan perangkat statistik. Seperti grafik dan rumus matematis.

Menurut pakar trading, Fakar Suhartami Pratama, analisis teknikal erat kaitannya dengan harga (candle itu sendiri), supply (penawaran) dan demand (permintaan). Supply (S) dan Demand (D) sering disingkat dengan SnD.

Ia menilai, jika permintaan lebih besar daripada penawaran maka harga cenderung naik.

“Harga naik berarti candle berwarnma hijau dan trend berarti naik atau uptrend. Dengan rumus D > S -> Uptrend,” jelas Fakar dalam tulisannya di buku Akademi Trading.

Dalam buku setebal 150 halaman itu Fakar juga menjelaskan, jika penawaran lebih besar daripada permintaan maka harga maka harga cenderung turun.

“Harga turun berarti candle berwarna merah dan trend berarti turun atau downtrend. Dengan rumus S > D -> Downtrend,” terang Fakar lagi.

Sementara itu, jika penawaran sama dengan permintaan maka harga cenderung stabil atau bisa juga kadang naik dan kadang turun. Jika harga sudah naik maka permintaan akan mengurangi pembelian sehingga memaksa penawaran menurunkan harga lebih rendah lagi.

Setelah harga sudah di level menurut permintaan murah, pemilik Fakartrading.com itu mengatakan, maka terjadi pembelian dengan volume besar dibanding sebelumnya dan mengakibatkan harga mulai naik lagi.

“Tapi kalau diambil rata-rata maka harga bergerak stabil dan ini disebut dengan sideways. Rumusnya, S = D -> Sideways,” katanya.

Baca juga: Luncurkan Buku Akademi Trading Kedua, Fakar Ungkap Rahasia Profit

Tujuan Menguasai Analisis Teknikal

Analisis teknikal menggunakan human psikologi, supply dan demand yang tergambar dalam bentuk grafik. Sehingga ke depannya kita bisa melihat arah market mau ke arah mana.

Adapun tujuan menguasai ilmu analisis teknikal, kata Fakar, untuk memprediksi harga di masa depan. Melalui pola-pola harga yang terjadi di masa lalu.

“Perlu digarisbawahi adalah bahwa tugas Anda adalah menceritakan atau memprediksi masa depan bukannya masa lalu,” ujar Fakar.

“Oleh karena itu, kita membaca grafik atau chart dari kanan ke kiri. Di bagian open posisi, saya menjelaskan secara detail kenapa Anda harus membaca chart dari kanan ke kiri dan bukannya dari kiri ke kanan,” pungkasnya.

KELASTRADING

Berita Populer