Connect with us

Budaya

Mendoan Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021

“Mendoan akhirnya terdaftar sebagai WBTb kategori Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional setelah mengalami perjalanan panjang,”

Diterbitkan

on

Mendoan Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Takbenda (suara pakar)
Mendoan ditetapkan jadi warisan budaya takbenda Indonesia 2021. (Sumber: Bicara Jabar)

Suarapakar.com – Mendoan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia (WBTb) dalam Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021 yang digelar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi di Jakarta, 26-30 Oktober 2021.

Mendoan akhirnya jadi warisan budaya takbenda Indonesia setelah di tahun lalu gagal masuk dalam daftarnya.

Mendoan akhirnya terdaftar sebagai WBTb kategori Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional setelah mengalami perjalanan panjang. Proses pengusulannya sudah dilakukan sejak tahun 2020,” kata Kepala Seksi Nilai Tradisi Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Mispan sebagaimana dikutip dari cnnindonesia, Selasa (2/11/2021)

Mispan mengakui, dalam sidang yang digelar pada tahun 2020 lalu mendoan belum bisa lolos sebagai warisan benda takbenda. Akan tetapi tahun ini, akhirnya bisa ditetapkan sebagai WBTb.

“Penetapan ini sangat membanggakan masyarakat Banyumas,” katanya.

https://bit.ly/kodesuarapakar

Baca juga: 10 Makanan Wajib Ada saat Maulid Nabi dari Berbagai Daerah

Alasan Mendoan Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia

Adapun alasan pemilihan mendoan ini, kata Mispan, dilatari karena tempe goreng tepung basah ini sudah menjadi makanan sehari-hari warga Banyumas.

“Mendoan juga sudah menjadi identitas masyarakat Banyumas,” ungkapnya.

Mendoan adalah tempe berbentuk kotak yang diiris tipis kemudian dibalut dengan tepung encer yang sudah ditambahkan irisan daun bawang di dalamnya. Tempe ini kemudian digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit.

Namun bedanya dengan tempe goreng lainnya, mendoan hanya digoreng sebentar sehingga tak garing melainkan tepungnya masih basah.

Untuk menyantapnya, mendoan biasa dicelup dalam sambal kecap pedas ataupun dimakan dengan gigitan cabe rawit hijau yang pedas.

KELASTRADING

Berita Populer