Connect with us

Bisnis

Menangi Tender Kelola Bandara Kualanamu, Ternyata Kualitas Bandara di India Sangat Buruk

“Bagi yg pernah ke India dan menyaksikan Bandaranya, pasti merasa heran kok bandara kita akan dikelola oleh India.”

Diterbitkan

on

Menangi Tender Kelola Bandara Kualanamu, Ternyata Kualitas Bandara di India Sangat Buruk (suara pakar)
Bandara Kualanamu (Kualanamu International Airport) dikelola perusahaan asal India selama 25 tahun (Sumber: Law Justice)

Suarapakar.com – Penyerahan pengelolaan Bandara Kualanamu (Kualanamu International Airport) kepada perusahaan India, GMR Airport pada Selasa (23/11/2021) kemarin, menarik perhatian dari berbagai kalangan.

Sebagian besar menilai jika keputusan PT Angkasa Pura II sangat tidak tepat. Bahkan mantan Sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu sampai buka suara mengenai hal itu.

Melalui akun twitternya @msaid_didu, pria yang juga pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PTPN IV itu melempar opini jika bandara-bandara di India tak lebih baik dari bandara yang ada di Indonesia.

Atas dasar tersebut, Said Didu merasa heran mengapa pengelolaan Bandara Kualanamu di Sumatera Utara harus di kelola oleh perusahaan yang berasal dari India.

“Bagi yg pernah ke India dan menyaksikan Bandaranya, pasti merasa heran kok bandara kita akan dikelola oleh India.” cuit Said Didu di Twitter, Kamis (25/11/2021).

 

 

 

 

 

 

 

Cuitan itupun kemudian menuai komentar dan kritik pedas dari para netizen. Sejumlah netizen yang mengaku pernah datang ke bandara di India memberikan penilaian kurang memuaskan.

https://bit.ly/kodesuarapakar

Salah satu netizen bahkan menyebutkan jika kualitas salah satu bandara di India memang sangat buruk bahkan terkesan kumuh. Sementara netizen lain menyebut jika bandara di India tak ada bedanya dengan stasiun kereta api dan terminal bus.

“Iya bener. Bandaranya jelek. Pemandangannya juga gak enak. Saya cuma transit. Tapi kesannya memang kumuh,” sahut akun @hadimusthofa28.

“Di india, bandara, stasiun dan terminal bus, g ada beda,” timpal akun @Sean1724501685.

WN India Juga Mengaku Kualitas Bandara di Negaranya Cukup Buruk

Tak hanya warga Indonesia saja yang memberi penilaian buruk terkait kualitas bandara di India. Warga negara India sendiri juga memberikan ulasan yang tak jauh berbeda di laman airlinequality.com.

Baca Juga: Perusahaan India Resmi Kelola Bandara Kualanamu Selama 25 Tahun

Menurut warga bernama K Varma kamar mandi di bandara itu kotor dan bau. Area keberangkatan juga penuh sesak dengan layar jadwal penerbangan yang super lamban.

“Delhi adalah bandara paling buruk yang pernah kutemui,” tulis K Varma di laman tersebut.

Meski banyak mendapat penilaian yang buruk, namun bandara di India bukanlah yang terburuk di dunia. Berdasarkan hasil penilaian dan data dari AirHelp pada 2017 lalu, bandara dengan kualitas paling buruk ternyata disandang oleh Kuwait International Airport.

Sementara salah satu bandara Indonesia yakni Soekarno-Hatta berada di posisi ke-44 bandara terbaik di dunia pada tahun yang sama. Bahkan pada 2021 ini, Skytrax memberi penghargaan Bandara sebagai Top 10 Best Airport Staff in Asia 2021.

KELASTRADING

Berita Populer