Connect with us

Sepakbola

Melaju ke Semifinal, Spanyol Singkirkan Swiss Lewat Adu Penalti

Timnas Spanyol singkirkan Swiss 3-1 (1-1) dalam babak perempat final EURO 2020 lewat drama adu penalti.

Diterbitkan

on

Melaju ke Semifinal, Spanyol Singkirkan Swiss Lewat Adu Penalti (suara pakar)
Selebrasi pemain Spanyol usai menang adu penalti melawan Swiss. (Foto: (AP/Maxim Shemetov)

Suarapakar.com – Timnas Spanyol singkirkan Swiss 3-1 (1-1) dalam babak perempat final EURO 2020 lewat drama adu penalti, pada Jumat (2/7/2021) malam WIB.

Dalam laga tersebut, pertandingan keduanya berakhir sama kuat 1-1. Setelah laga berlanjut ke babak tambahan, tak ada gol yang tercipta dan membuat babak adu penalti dimainkan.

Pada babak adu penalti itu, tiga pemain Swiss gagal mengeksekusi tendangan penalti. Sementara Spanyol dari lima penendang, tiga penendang berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Alhasil, Spanyol menang atas Swiss dan lolos ke semifinal EURO 2020.

Swiss membuka serangan lebih dulu di awal pertandingan. Namun, beberapa peluang dari Swiss berhasil diredam pasukan Tim Matador.

Spanyol kemudian bisa unggul terlebih dulu atas Swiss. Melalui sepak pojok, sebenarnya bola berhasil dihalau pemain belakang Swiss. Namun, pemain Barcelona Jordi Alba yang berdiri bebas langsung menendang bola dengan keras dan terukur. Spanyol pun unggul 1-0 atas Swiss.

Tak berselang lama kemudian, Cesar Azlipicueta nyaris menambah keunggulan untuk Spanyol. Namun, sundulan bek Chelsea itu bisa dihalau oleh kiper Swiss Yann Sommer. Skor 1-0 menutup keunggulan Spanyol atas Swiss di babak pertama.

Memasuki babak kedua giliran Swiss yang berganti mengancam lini pertahanan Spanyol. Kerja sama para pemain depan Swiss membuat Spanyol tampak kewalahan.

Akhirnya, gol yang ditunggu-tunggu pun tercipta di menit ke-68, lewat aksi Sherdan Shaqiri. Dan skor 1-1 tetap bertahan dan membuat kedua tim harus menjalani babak tambahan waktu.

Baca juga: EURO 2020: Disingkirkan Italia, Belgia Tak Sesangar Peringkat FIFA

Tiga Algojo Berhasil Loloskan Spanyol ke Semifinal EURO 2020

Memasuki babah tambahan, Swiss yang harus bermain 10 pemain masih terus memberikan perlawanan ketat. Mereka bahkan tak ragu tampil menyerang ke gawang Spanyol.

Namun, kedua tim yang lebih bermain bertahan tidak kunjung menambah gol hingga pertandingan harus berlanjut ke babak adu penalti.

Di drama adu penalti, Spanyol akhirnya memastikan kemenangan mereka atas Swiss setelah tiga algojo mereka berhasil melesakkan bola ke gawang. Sedangkan Swiss hanya mampu mencetak satu gol lewat eksekutor mereka Mario Gavranovic.

Babak adu penalti:

Swiss: Mario Gavranovic (gol), Fabian Schar (tidak gol), Manuel Akanji (tidak gol), Ruben Vargas (tidak gol).
Spanyol: Sergio Busquets (tidak gol), Dani Olmo (gol), Rodri (tidak gol), Gerard Morenoi (gol), Mikel Oyarzabal (gol).

GRANPRIZE

Berita Populer