Connect with us

Nasional

Medan PPKM Darurat, Bobby Nasution Janji Beri Bantuan ke Warga Terdampak

“Selain memang dalam aturan PPKM darurat itu nanti masing-masing dari 10 juta penerima PKH dan BLT dari seluruh Indonesia ini yang Kota dan Kabupaten nya terkena PPKM darurat itu akan diberikan 10 Kilogram beras dari APBN,”

Diterbitkan

on

Bobby Nasution Janji Beri Bantuan ke Warga (suara pakar)
Wali Kota Medan Bobby Nasution. (Foto: M Ilham Pradilla/Suara Pakar)

Suarapakar.com – Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Nasution berjanji akan memberikan bantuan terhadap masyarakat yang terdampak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Hal itu disampaikannya usai menjalani rapat paripurna di Gedung DPRD Kota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (12/7/2021).

Bobby Nasution mengatakan bahwa pihaknya telah berkordinasi dengan Forkompinda terkait penyelenggaraan bantuan tersebut.

“Kemarin kita sepakat kepada Ketua DPR dan berkordinasi dengan seluruh forkopimda Kota Medan. Untuk masyakarat terdampak yang hari ini tidak boleh melakukan aktivitasnya, akan kita berikan bantuan,” ujarnya.

Melalui Dinas Sosial, dikatakan Bobby, pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan untuk masyarakat yang terdampak akibat PPKM Darurat. Dalam estimasi waktu dua hari, pihaknya akan menyampaikan kabar lebih lanjut.

“Kemarin sudah di tempat kita intrusikan kepada Dinas sosial untuk mendata dampak. Mereka meminta waktu dua hari hari ini, sampai dengan hari Selasa,” katanya.

Meski begitu, Bobby belum dapatkan menjelaskan secara rinci bentuk bantuan yang akan di berikan kepada masyarakat terdampak PPKM Darurat. Namun, lanjutnya, yang jelas bantuan tersebut akan diberikan khusus kepada masyarakat kota Medan.

“Nanti setelah pendataan nanti kita komunikasikan lagi bantuannya dalam bentuk apa, apakah berupa uang tunai atau sembako, tapi ini sudah kita sepakati kita akan berikan bantuan terhadap masyarakat yang terdampak,” ungkapnya.

Baca juga: PPKM Darurat Mulai Berlaku di Medan, Kapolda Sumut Imbau Masyarakat Luar Jangan Masuk

Bantuan dari Pemerintah Pusat

Selain dari APBD kota Medan, Bobby mengatakan bahwa seluruh pekerja terdampak PPKM Darurat nantinya akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat. Hal itu berdasarkan Instruksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Selain memang dalam aturan PPKM darurat itu nanti masing-masing dari 10 juta penerima PKH dan BLT dari seluruh Indonesia ini yang Kota dan Kabupaten nya terkena PPKM darurat itu akan diberikan 10 Kilogram beras dari APBN,” imbuhnya.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution secara resmi telah menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai hari ini, Senin (12/7/2021) hingga 20 Juli 2021.

Bobby pun mengatakan, Pemko Medan sudah melakukan penyekatan di 10 titik, yaitu 5 titik masuk ke dalam kota dan 5 titik di dalam kota. Bobby menegaskan, adapun tujuan pemberlakuan penyekatan ini adalah untuk mengurangi mobilitas masyarakat.

Reporter: M Ilham Pradilla

GRANPRIZE

Berita Populer