Connect with us

Sepakbola

Mbappe Gagal Eksekusi Penalti, Prancis Tersingkir Dari EURO 2020

Prancis tersingkir dari EURO 2020 usai dikalahkan Swiss lewat drama adu penalti 5-4 (3-3).

Diterbitkan

on

Mbappe Gagal Eksekusi Penalti, Prancis Tersingkir Dari EURO 2020 (suara pakar)
Pemain Prancis usai tersingkir dari EURO 2020. (Foto: AFP/Franck Fife/Pool)

Suarapakar.com – Kejutan di EURO 2020 kembali terjadi dengan tersingkirnya Prancis usai dikalahkan Swiss lewat drama adu penalti 5-4 (3-3) di babak 16 besar, di Stadion National Arena, Bucharest, Rumania, Selasa (29/6/2021) dini hari WIB.

Dalam laga itu, Prancis turun dengan skuat terbaiknya untuk menghadapi Swiss. Lini depan ditempati Kylian Mbappe, Karim Benzema, dan Antoine Griezmann. Sementara di tengah ada N’Golo Kante dan Paul Pogba.

Namun, trio penyerang Prancis tersebut tidak mampu mencetak gol di babak pertama. Justru Swiss yang membobol gawang Prancis di menit ke-15 melalui Haris Seferovic usai menanduk umpan silang Steven Zuber. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di menit ke-55, Swiss mendapat hadiah penalti setelah Zuber dilanggar Benjamin Pavard. Tetapi, kiper Prancis Hugo Lloris menggagalkan tendangan penalti Ricardo Rodriguez yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang.

Prancis menyamakan skor di menit ke-57 melalui tendangan kaki kiri Benzema setelah memanfaatkan umpan terobosan Mbappe. Dua menit kemudian, pemain Real Madrid itu mencetak gol keduanya.

Pada menit ke-75, Prancis menambah keunggulan setelah tendangan kaki kanan Pogba dari luar kotak penalti tidak mampu dijangkau kiper Summer. Namun, unggul 3-1 membuat Prancis lengah.

Sundulan Haris Seferovic di menit ke-83 dan gol di menit ke-90 oleh Mario Gavranovic membuyarkan kemenangan dan keyakinan Prancis melaju ke babak perempat final EURO 2020. Skor 3-3 memaksa laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Baca juga: Kroasia VS Spanyol, Ivan Perisic Absen Karena Covid-19

Kylian Mbappe Gagal Eksekusi Penalti

Eksekusi penalti Kylian Mbappe berhasil ditepis kiper Swiss. (Foto: Istimewa)

Di babak perpanjangan waktu, baik Prancis maupun Swiss sama-sama menciptakan sejumlah peluang. Tetapi, hingga 2×15 menit tidak ada gol yang tercipta sehingga laga dituntaskan dengan adu tendangan penalti.

Lima algojo penalti Swiss sukses menjalankan tugasnya. Di kubu Prancis, Kylian Mbappe yang menjadi penendang terakhir justru gagal. Tendangan Mbappe ke sisi kiri gawang bisa ditepis Sommer. Swiss pun menang 5-4 dan berhak ke perempat final.

GRANPRIZE

Berita Populer