Connect with us

Nasional

Masuk Destinasi Super Prioritas, Poldasu Siapkan Pengamanan Ketat di Danau Toba

“Dengan dibentuknya sistem pengamanan yang kuat dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba sehingga tetap merasa aman dan nyaman tanpa adanya gangguan,”

Diterbitkan

on

Pengamanan Ketat di Danau Toba (suara pakar)
Pemandangan Danau Toba. (Foto: Jafar Wijaya)

Suarapakar.com – Untuk mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi wisata yang menjadi super prioritas itu, pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara siap melakukan sistem pengamanan di kawasan danau vulkanik terbesar di Indonesia bahkan di dunia itu.

Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Simanjuntak mengungkapkan, sistem pengamanan yang akan diterapkan nanti dengan menempatkan petugas kepolisian pariwisata di berbagai titik di kawasan destinasi Danau Toba yang memiliki luas meliputi delapan kabupaten. Hal itu sebagai upaya persiapan sistem pengamanan dalam mendorong percepatan kawasan Danau Toba yang berlangsung Sipisa Kaldera.

Selain itu, kata Panca, seperti penguatan personel kepolisian, sarana dan prasarana polisi perairan dan Brimob serta penambahan Bhabinkamtibmas di berbagai wilayah destinasi Danau Toba.

“Dengan dibentuknya sistem pengamanan yang kuat dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba sehingga tetap merasa aman dan nyaman tanpa adanya gangguan,” ungkap Panca dalam rapat kerja yang digelar bersama Otaritas Danau Toba pada Sabtu (3/7/2021) kemarin.

Panca pun menyebutkan, saat ini Polda Sumut telah membangun Pos Polisi Pariwisata Ajibata, Helipad, dan sarana prasana lainnya di berbagai kawasan destinasi Danau Toba. Dia mengaku, pihaknya saat itu tengah mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) bersama masyarakat untuk mendukung program pemerintah.

“Polda Sumut terus mempersiapkan sistem pengamanan dalam percepatan kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata dunia,” pungkasnya.

Diketahui, dalam rapat tersebut turut dihadiri Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Simanjuntak bersama Waka Polda Sumut Brigjend Pol Dadang Hartanto. Serta Direktur Umum Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy Panjaitan bersama Direktur Umum Bambang Cahyo.

masuk-destinasi-super-prioritas-poldasu-siapkan-pengamanan-ketat-di-danau-toba

Danau Toba, (Foto: Jafar Wijaya)

Baca juga: Gubernur Sumut Jenguk Dua Bocah Penderita Penyakit Kulit

Danau Toba, Destinasi Wisata Super Prioritas Nomor Satu

Untuk diketahui, ada lima destinasi wisata super prioritas di Indonesia. Danau Toba menjadi nomor satu di antara destinasi wisata super prioritas lainnya, yakni Borobudur, Likupang, Mandalika dan Labuan Bajo.

Danau Toba yang memiliki luas lebih dari 1.145 kilometer persegi yang berada di ketinggian 900 mdpl, dengan panjang 100 Km dan lebar 30 Km tersebut dipilih Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai ikon baru pariwisata Indonesia berbasis keindahan alam.

Tidak hanya itu, Danau Toba yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia itu juga memiliki pulau yang juluki sebagai ‘Negeri Indah Kepingan Surga’ yakni Pulau Samosir yang berada di tengah-tengah Danau Toba.

Reporter: Jafar Wijaya

GRANPRIZE

Berita Populer