Connect with us

Nasional

Teman Ustaz Maaher At-Thuwalibi : Sejak Kecil Suka Hapal Al-Quran

“Terlepas dia kontroversi dari kasus-kasus viralnya, aku salut lihat dia, sudah jadi ulama besar, berarti anaknya sudah sukses,”

Diterbitkan

on

Ustaz Maaher At-Thuwalibi
Ustaz Maaher At-Thuwalibi. (foto: twitter @ustadzmaaher)

Suarapakar.com– Teman Ustaz Maaher At-Thuwalibi ungkap kegemaran almarhum mempelajari ilmu agama, sudah dilakoni sejak kecil. Sejak kecil pula teman-teman mengenal pria bernama asli Soni Eranata itu sebagai anak yang pintar.

Teman Ustaz Maaher, Rizky Cahyadi ungkap Soni sudah suka menghapal ayat Al Quran sejak kecil.

“Anaknya pintar. Dari kecil suka mengaji dan suka menghapal ayat-ayat Alquran,” ungkapnya kepada suarapakar.com, Selasa (9/2/2021).

Bukan berarti masa kecil Ustaz Maaher tidak nakal. Rizky pun mengakui hal itu. Namun, menurutnya, nakalnya Ustaz Maaher hanya sebatas kenakalan anak-anak sebagaimana lazimnya.

“Almarhum semasa kecil nakal juga, tapi nakal-nakal anak kecil pada masanya,” ungkap Rizky.

Sejak kecil, Rizky menambahkan Ustaz Maaher sudah tinggal bersama neneknya. Mereka menetap di kawasan rumah susun, Kampung Baru, Medan.

Selama ini, banyak orang yang tidak tahu bahwa ulama besar itu berasal dari Kota Medan, Sumatera Utara.

“Karena dari kecil, orangtuanya sudah meninggalkannya. Makanya, dia tinggal bersama neneknya. Ekonomi mereka tergolong susah saat itu,” ujar jurnalis Tribun Medan itu.

Sebagai anak yang gemar mengaji dan sudah menghapal banyak ayat Al Quran, masyarakat kerap meminta Ustaz Maaher untuk membaca doa bila ada hajatan warga. Itulah yang menjadi salah satu kelebihan Ustaz Maaher dari teman-temannya.

“Kalau ada acara-acara gitu, dia selalu diundang untuk baca doa. Lalu, dapat nasi kotak dan pasti dibawanya pulang untuk neneknya,” kata Rizky.

Baca juga: Ustaz Maaher Meninggal di Rutan Bareskrim, Ini Penjelasan Mabes Polri

Rizky Mengaku Bangga Miliki Dengan Ustaz Maaher

Sebagai teman kecil, Rizky mengaku bangga berteman dengan Ustaz Maaher At-Thuwalibi karena telah sukses menjadi ulama besar.

“Terlepas dia kontroversi dari kasus-kasus viralnya, aku salut lihat dia, sudah jadi ulama besar, berarti anaknya sudah sukses. Dari segi ekonomi keluarganya sudah lumayan,” ujar Rizky bangga.

Namun, betapa terkejutnya Rizky ketika mendapatkan informasi teman baiknya itu meninggal dunia di Rutan Bareskrim Polri.

“Ketika dia masuk penjara, kami keluarga besar kaget, kasihan Sony masuk penjara. Yang lebih kaget lagi, gak nyangka dia sudah meninggal. Dia masih muda, sudah dipanggil tuhan,” pungkasnya.

Sebelumnya, kabar meninggalnya Soni Eranata atau Ustaz Maaher At-Thuwailibi dalam Rutan Bareskrim Polri menarik perhatian nasional. Mabes Polri sendiri membenarkan kabar duka tersebut.

Kepala Divisi (Kadiv) Polri, Irjen Argo Yuwono mengatakan sebelum meninggal dunia, Ustaz Maaher sempat mengeluh sakit. Lalu, petugas Rutan dan tim dokter membawanya ke Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Reporter: Rezky Herdana

Berita Populer