Connect with us

Sepakbola

Mario Mandzukic Pensiun Dari Dunia Sepak Bola

“Kepada Mario kecil, saat mengenakan sepatu ini untuk pertama kalinya, anda bahkan tidak dapat membayangkan apa yang akan ada rasakan di dunia sepak bola,”

Diterbitkan

on

Mario Mandzukic Pensiun Dari Dunia Sepak Bola (suara pakar)
Mario Mandzukic saat bersama Juventus. (Sumber: Stuart Franklin/Getty Images)

Suarapakar.com – Mantan striker Juventus Mario Mandzukic memutuskan gantung sepatu atau pensiun dari dunia sepak bola. Mandzukic resmi pensiun sebagai pesepak bola profesional pada usia 35 tahun.

Usai kontraknya bersama AC Milan di musim panas kemarin, Mandzukic gagal mendapatkan tim yang baru. Pengumuman pensiun tersebut dirilis di media sosial miliknya. ‘Super Mario’, julukan Mandzukic, mengemas pengumuman pensiun miliknya dengan pesan menyentuh buat ‘Si Mario Kecil’.

“Kepada Mario Kecil, saat mengenakan sepatu ini untuk pertama kalinya, anda bahkan tidak dapat membayangkan apa yang akan ada rasakan di dunia sepak bola,” buka Mandzukic dalam pernyataannya.

“Anda akan mencetak gol di ajang yang paling penting, dan anda akan memenangkan trofi terbesar bersama klub terbesar. Dengan bangga mewakili negara, anda akan berkontribusi dalam menulis sejarah olahraga Kroasia,” katanya.

Sementara itu pakar transfer dunia, Fabrizo Romano, mengatakan bahwa Mandzukic yang tidak memiliki tim sejatinya sempat mendapat proposal dari klub sebelum memutuskan pensiun. Namun Mandzukic tetap memutuskan untuk pensiun.

Baca juga: Olivier Giroud Positif Covid-19, Jalani Karantina Mandiri

Mandzukic Sempat Bela Tim-Tim Kelas Eropa

Selama berkarier, Mario Mandzukic sempat membela klub-klub kenamaan di Benua Eropa. Dia pernah membela Bayern Munich, pada 2012-2014. Bersama Bayern, Mandzukic mampu mencetak 48 gol dan meraih dua gelar Bundesliga serta satu trofi Liga Champions.

Selanjutnya, Mandzukic hengkang ke Atletico Madrid. di Los Rojiblancos, Mandzukic mencetak 20 gol dalam 1 tahun bergabung. Kemudian Mandzukic pergi ke tim raksasa Italia Juventus. Bergabung pada Juli 2015, Mandzukic sukses mencetak 44 gol.

Selain itu, dia mempersembahkan 4 trofi Serie A, 3 Coppa Italia, dan 2 Piala Super Italia. Setelah 5 tahun bersama Juventus, Mandzukic kemudian bergabung dengan klub Qatar, Al-Duhail, pada Juli 2019.

Karier di Qatar tidak cemerlang seperti yang diharapkan Mandzukic. Satu tahun kemudian, dia kembali ke Italia dan bergabung dengan AC Milan. Di AC Milan, Mandzukic hanya bermain 11 laga tanpa catata gol maupun assist. Dia kemudian resmi meninggalkan AC Milan pada akhir musim 2020-2021 dan berstatus tanpa klub hingga memutuskan pensiun.

Untuk di level tim nasional, Mandzukic menjadi andalan lini depan Kroasia. Pemain kelahiran 21 Mei 1986 itu terlibat dalam perjalanan impresif Timnas Kroasiaa di Piala Dunia 2018. Dia membantu Timnas Kroasia mencapai final sebelum takluk dari Prancis dan harus puas menjadi runner-up.

Berita Populer