Connect with us

Peristiwa

Longsor Banjarnegara, 4 Warga Meninggal Dunia Tertimbun

Tanah longsor ini mengingatkan kejadian serupa pada 24 Desember 2014 di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, yang menewaskan 108 warga.

Diterbitkan

on

Longsor Banjarnegara, 4 Orang Meninggal Dunia Tertimbun (suara pakar)
Petugas gabungan bersama warga membersihkan material tanah longsor di Desa Pagentan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat (19/11/2021) pukul 21.30 WIB. (Sumber: Facebook)

Suarapakar.com – Empat warga dilaporkan meninggal dunia dalam musibah longsor yang terjadi di Desa Pagentan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat (19/11/2021) pukul 21.30 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, korban yang meninggal dunia telah berhasil dievakuasi tim gabungan. Sedangkan warga selamat, mereka mengungsi sementara waktu di Kantor Kecamatan Pagentan.

“Selain korban jiwa, tanah longsor berdampak pada kerusakan dua rumah warga. Kejadian tersebut berlangsung di Desa Pagentan, Kecamatan Pagentan, Banjarnegara,” sebut Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D, dalam keterangannya pada laman bnpb.go.id, Sabtu (20/11/2021).

Suarapakar - Kelas trading 1 bulan Fakar Suhartami Pratama

Ada pun identitas para korban yang meninggal dunia, yakni, Bunga Citra Arumdhani (13), Alfino Soedarmaji (11) dan Partini (55), ketiganya warga Pagentan. Serta Andriyani Erwati (42) warga Purwonegoro. Sedangkan korban luka teridentifikasi, Putri Olivia Soedarmaji (9) warga Pagentan.

Katanya, tanah longsor terjadi setelah hujan lebat yang disertai angin mengguyur wilayah Banjarnegara pada Jumat malam. BPBD Kabupaten Banjarnegara melaporkan kondisi hujan menyebabkan tebing setinggi 25 meter longsor dan menimpa dua rumah warga yang berada di bawahnya.

Sedangkan kondisi cuaca pagi ini terpantau mendung. Prakiraan cuaca pada hari ini, Sabtu (20/11), wilayah Kecamatan Pagentan berpeluang hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Hal serupa juga berpeluang pada esok hari.

Petugas mengevakuasi korban tanah longsor di Desa Pagentan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat (19/11/2021). (Sumber: Facebook)

Baca juga: 1.618 Rumah di Labura Sumut Terendam Banjir

Kecamatan Banjarnegara Daerah Rawan Longsor

BNPB menyebutkan, Kecamatan Banjarnegara termasuk wilayah rawan longsor. Kajian inaRISK menyebutkan wilayah tersebut berada pada bahaya tanah longsor dengan kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 20 kecamatan, termasuk Pagentan, merupakan sejumlah wilayah dengan potensi bahaya tersebut.

Menyikapi potensi bahaya tanah longsor, pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga terhadap kondisi hujan intesitas tinggi dan berdurasi lama. Masyarakat yang berada di sekitar tebing dapat mencermati potensi hujan yang ada di wilayahnya.

Peristiwa yang lebih buruk pernah terjadi di wilayah Banjarnegara, tepatnya 24 Desember 2014 lalu, tanah longsor terjadi di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, yang menewaskan 108 warga saat itu.

KELASTRADING

Berita Populer