Connect with us

Ekonomi

Indofood Akuisisi Fritolay: Cheetos, Lays dan Doritos Akan Stop Produksi

Dampak hal ini, Cheetos, Lays dan Doritos tak lagi berproduksi dan beredar di pasar sejak Agustus 2021 mendatang.

Diterbitkan

on

Indofood Akusisi Fritolay
Cheetos, (Sumber: Sindo)

Suarapakar.com – Emiten konsumer PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk telah resmi melakukan akuisisi PepsiCo, selaku afiliasi Fritolay Netherlands Holding BV di dalam perusahaan patungan PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) senilai Rp494 miliar.

Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Sukses Makmur Gideon A Putro mengatakan, transaksi akuisisi Fritolay oleh Indofood itu dilakukan pada Rabu (17/2/2021). Emiten dengan kode saham ICBP ini membeli seluruh saham Fritolay selaku afiliasi dari PepsiCo Inc menjadi 99,99 persen saham IFL.

“Nilai transaksi sekitar Rp494 miliar yang akan didanai dari kas internal perseroan,” tulis Gideon melansir dari Bisnis.com, Kamis (18/2/2021).

Lebih lanjut Gideon mengungkapkan, transaksi itu sekaligus akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo. Setelah IFL menyelesaikan semua proses persiapan penghentian produksi serta penjualan semua produk PepsiCo.

Ia juga menambahkan, IFL akan menyelesaikan semua proses persiapan penghentian produksi dan penjualan produk dengan merek milik PepsiCo dalam waktu 6 bulan terhitung sejak tanggal dilakukan transaksi. Jika terhitung sejak Februari 2021, maka perjanjian lisensi dengan PepsiCo akan berakhir pada Agustus 2021 mendatang.

“Fritolay, PepsiCo dan/atau pihak afiliasi lainnya tidak boleh memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan, atau mendistribusikan produk makanan ringan apapun di Indonesia,” imbuh Gideon.

“Yang bersaing dengan produk IFL selama tiga tahun dari sejak berakhirnya masa transisi,” tambahnya.

Namun untuk sekarang ini, pemasaran produk seperti Lays, Doritos, dan Cheetos harus berhenti berproduksi di Indonesia untuk sementara.

Baca juga: Amerika Serikat Disapu Musim Dingin, Harga Minyak Makin Meroket

Sebelum Akuisisi Fritolay, IFL Sudah Berlangsung Selama 30 Tahun

Gideon mengungkapkan, kemitraan IFL yang merupakan perusahaan patungan antara PepsiCo dengan ICBP telah berlangsung selama 30 tahun terakhir.

“IFL akan menghentikan produksi, pengemasan, pemasaran, penjualan dan pendistribusian produk PepsiCo di Indonesia pada Agustus 2021,” tulis PepsiCo.

Meskipun begitu, Ia mengakui bahwa tidak dapat bersaing dengan IFL selama tiga tahun kedepan sejak Agustus 2021. PepsiCo menilai, Indonesia memiliki prospek industri makanan ringan yang cukup kuat dan akan terus menjadi bagian penting dari strategi pertumbuhan perseroan makanan ringan.

Ke depannya, PepsiCo akan terus menawarkan produk Quaker Oat di Indonesia. Serta berharap bisa kembali dengan produk lain seperti Lays, Doritos, dan Cheetos sesegera mungkin.

Klik Untuk Berkomentar

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KELASTRADING

Berita Populer