Connect with us

Peristiwa

KMP Yunicee Tenggelam di Selat Bali, 7 Orang Tewas 11 Hilang

“Data yang diperoleh hingga pagi ini pukul 09.00 WITA, telah terevakuasi selamat 39 orang, meninggal dunia 7 orang, dan masih dalam pencarian 11 orang,”

Diterbitkan

on

KMP Yunicee Tenggelam di Selat Bali, 7 Orang Tewas 11 Hilang (suara pakar)
Para korban meninggal dunia KMP Yunicee. (Sumber: Beritabali/Istimewa)

Suarapakar.com – Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunicee tenggelam di Perairan Gilimanuk, Jembrana, Bali, pada Selasa (29/6/2021) malam. Akibat kecelakaan itu, 7 orang dilaporkan tewas dan 11 lainnya masih dalam pencarian.

“Data yang diperoleh hingga pagi ini pukul 09.00 WITA, telah terevakuasi selamat 39 orang, meninggal dunia 7 orang, dan masih dalam pencarian 11 orang,” ujar Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, melansir Liputan6.com, Rabu (30/6/2021).

Dia mengatakan, KMP Yunicee rute Ketapang-Gilimanuk terseret arus dan mengalami kemiringan hingga terbalik. Informasi itu diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) pada pukul 19.12 WITA.

Dari keterangan saksi, kapal diketahui lepas sandar dari Pelabuhan Ketapan pukul 19.06 WITA. Namun, ketika mendekati Pelabuhan Gilimanuk, kapal terbawa arus ke arah selatan, miring dan langsung tenggelam.

“Tim terdekat yang kami kerahkan dari Pos SAR Jembrana dan Pos SAR Buleleng selanjutnya menyusul personil dari Kantor Basarnas Bali dan juga tim SAR dari Basarnas Surabaya melalui jalur laut,” kata Gede Darma terkait KMP Yunicee.

Baca juga: Pegawai dan Satpam RSJ Prof Dr M Ildrem Tantang Wartawan Berkelahi

KMP Yunicee Mengangkut 57 Orang

Petugas gabungan diturunkan mencari para korban. (Sumber: Istimewa)

Gede menambahkan, KMP Yunicee mengangkut 57 orang terdiri dari 13 orang kru, 3 orang petugas kantin dan 41 orang penumpang. Saat ini, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap para korban.

Data sementara menyebutkan, kapal dengan panjang 56,5 meter dan lebar 8,6 meter itu mengangkut 53 orang, dengan rincian 12 kru dan 41 penumpang.

“Sementara data korban tewas dari datang diperoleh dari posko gabungan di Pelabuhan Gilimanuk, terkonfirmasi 7 orang yakni 5 perempuan dan 2 orang laki-laki selanjutnya dibawa ke Puskesmas Gilimanuk,” pungkasnya.

Video Detik-Detik KMP Yunice Tenggelam di Selat Bali

GRANPRIZE

Berita Populer