Connect with us

Nasional

Kimia Farma Layani Vaksinasi Berbayar Individu Mulai Besok, Berikut Harganya

Vaksinasi berbayar individu ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Diterbitkan

on

Kimia Farma Layani Vaksinasi Berbayar Individu (suara pakar)
Vaksinasi Covid-19. (Sumber: Pikiran Rakyat)

Suarapapakar.com – PT Kimia Farma Tbk akan membuka klinik untuk melayani vaksinasi berbayar individu secara resmi Besok, Senin (12/7/2021) mendatang. Hal ini ditandai dengan soft launching Vaksinasi Gotong Royong (VGR) Individu yang telah dilaksanakan selama pada Jumat dan Sabtu (9-10 Juli 2021) lalu.

Sekretaris Perusahaan PT Kimia Farma Tbk Ganti Winarno Putro menginformasikan, pelayanan Program Vaksinasi Gotong Royong berbayar bagi individu sudah bisa diakses di delapan jaringan Klinik Kimia Farma.

“Untuk layanan VGR memang sudah bisa dilaksanakan secara individu dan salah satunya, bisa dilakukan di Klinik Kimia Farma untuk layanan vaksinasi individu tersebut,” ujarnya, dikutip dari Antara, Minggu (11/7/2021).

Penyediaan layanan vaksinasi berbayar individu, dikatakan Ganti, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Pada poin kesatu dari peraturan itu, Menkes menetapkan besaran harga pembelian vaksin produksi Sinopharm melalui penunjukan PT Bio Farma (Persero) dalam pelaksanaan pengadaan vaksin covid-19. Serta tarif maksimal pelayanan vaksinasi berbayar individu VGR.

Harga pembelian vaksin, ungkap Ganti, ditetapkan sebesar Rp321.660 per dosis. Serta tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp117.910 per dosis.

“Untuk pendaftaran dan lain-lain, bisa melalui Kimia Farma Mobile,” pungkasnya.

Baca juga: Kota Medan PPKM Darurat, Gubsu Ingatkan Bobby Nasution

Lokasi Pelaksanaan Layanan Vaksinasi Berbayar Individu

Di sisi lain, Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk, Verdi Budidarmo menjelaskan pada tahap awal program ini baru menyentuh 6 kota dengan 8 klinik. Namun, secara perlahan Kimia Farma akan memperluas jangkauan tersebut, termasuk ke pusat-pusat perbelanjaan di kota-kota besar.

“Setelah menjalankan VGR perusahaan, Kimia Farma memberikan pilihan baru bagi masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi sendiri,” jelasnya.

“Kami siap melayanani vaksinasi individu melalui klinik-klinik kami di seluruh wilayah Indonesia. Dalam tahap pertama, kami baru memberikan pelayanan ini di delapan klinik di Jawa dan Bali,” lanjutnya menjelaskan.

Lokasi awal layanan vaksinasi ini baru dilakukan di dua tempat, yaitu Klinik KFD Pulo Gadung Jakarta Timur dan KFD Senen Jakarta Pusat. Hal itu untuk melihat kesiapan program ini di lapangan.

“Selain di dua klinik Jakarta, yakni di Pulo Gadung dan Senen. Mulai Senin depan, sudah ada di 6 klinik lainnya, yaitu KF Blok M (Jakarta), KF Supratman (Bandung), KF Citarum (Semarang), KF Sukoharjo (Solo), KF Sedati (Surabaya) dan KF Batubulan (Bali) siap memberi pelayanan,” ujarnya.

“Total kapasitas VGR individu dari 8 klinik ini sebanyak 1.700 peserta per hari.” lanjutnya.

Adapun, 8 klinik VGR Individu tahap awal yang akan memberi pelayanan adalah sebagai berikut:

  1. Jakarta KF Senen, dengan kapasitas 200 orang per hari
  2. Jakarta KF Pulogadung, dengan kapasitas 200 orang per hari
  3. Jakarta KF Blok M, dengan kapasitas 100-200 orang per hari
  4. Bandung KF Supratman (Drive Thru), dengan kapasitas 200 orang per hari
  5. Semarang KF Citarum, dengan kapasitas 100 orang per hari
  6. Solo KF Sukoharjo, dengan kapasitas 500 orang per hari
  7. Surabaya KF Sedati, dengan kapasitas 200 orang per hari
  8. Bali KF Batubulan, dengan kapasitas 100 orang per hari
GRANPRIZE

Berita Populer