Connect with us

Sepakbola

Kejutan, Ceko Kalahkan Belanda di 16 Besar EURO 2O2O

Ceko akan menghadapi Denmark di perempat final, yang menang 4-0 dari Wales.

Diterbitkan

on

Kejutan, Ceko Kalahkan Belanda di 16 Besar EURO 2O2O (suara pakar)
Selebrasi pemain Ceko usai cetak gol ke gawang Belanda. (Sumber: Istimewa)

Suarapakar.com – Republik Ceko kalahkan Belanda di 16 besar EURO dengan skor menyakinkan 2-0 di Puskas Arena, Budapest, Minggu (27/6/2021) malam. Dalam laga itu, Belanda harus bermain 10 orang karena Matthijs de Ligt mendapat kartu merah.

Akibatnya, Ceko berhasil memanfaatkan momen tersebut dengan mencetak gol melalui Tomas Holes dan Patrick Schick, demikian dilansir laman resmi UEFA.

Kemenangan atas Belanda ini merupakan suatu keajaiban bagi Ceko. Sebab, Belanda merupakan salah satu unggulan di EURO 2020. Dengan hasil ini Ceko akan menghadapi Denmark di perempat final.

Dalam laga itu, babak pertama kedua tim sama kuat 0-0. Memasuki babak kedua, pada menit ke-52, Donyell Malen membuang sia-sia peluang gemilang ketika mampu mengendalikan umpan dari Memphis Depay untuk melewati setidaknya dua bek Ceko. Sayangnya, setelah memasuki kotak penalti, upayanya memperdaya Vaclik bisa dibaca kiper Sevilla tersebut.

Serangan balik yang dibangun Ceko membuat barisan pertahanan Belanda kalang kabut, dan De Ligt yang terjatuh dalam kontak dengan Schick terpaksa menghentikan laju bola dengan tangannya.

Baca juga: EURO 2020: Singkirkan Portugal, Belgia Tantang Italia di Perempat Final

Matthijs De Ligt Terkena Kartu Merah

Matthijs de Ligt usai mendapat kartu merah. (Foto: ) AP Photo)

Wasit Sergei Karasev awalnya hanya menghadiahi kartu kuning untuk De Ligt, tetapi setelah mendapat masukan dari VAR dan meninjau langsung tayangan ulang di monitor. Wasit asal Rusia itu menaikkan hukumannya jadi kartu merah. Dan Belanda pun harus bermain dengan 10 orang.

Melawan 10 pemain Belanda membuat Ceko lebih agresif melancarkan serangan. Dan pada menit ke-64, Pavel Kaderabek menerimpa umpan silang di dalam kotak penalti. Beruntung bagi Belanda Dumfries sukses melakukan haluan untuk menghadang bola tembakan Pavel.

Gol yang ditunggu-tunggu Ceko pun akhirnya datang pada menit ke-68. Berawal dari situasi tendangan bebas, Kalas mengirimkan umpan sundulan menyilang yang segera ditanduk oleh Holes dan berhasil menjebol gawang Belanda.

Dan Ceko benar-benar menciptakan mimpi buruk bagi Belanda, adalah Patrick Schick yang menggandakan keunggulan Ceko. Gol tersebut berawal dari umpan Holes yang berhasil masuk ke pertahanan Belanda. Umpan tariknya langsung disambut dengan baik calon top skor EURO 2020 tersebut. Dan hasil 2-0 tersebut, memastikan Ceko lolos ke perempat final dan menantang Denmark pada Sabtu (3/7/2021) mendatang.

GRANPRIZE

Berita Populer