Connect with us

Peristiwa

Kecelakaan Maut di Tol Pemalang, 8 Tewas 3 Luka Berat

“Masih kami lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Namun, dari hasil keterangan saksi-saksi dan olah TKP, kendaraan bus melaju sangat kencang,”

Diterbitkan

on

Kecelakaan Maut di Tol Pemalang, 8 Tewas 3 Luka Berat
Tampak para korban tercampak di jalan tol akibat kecelakaan. (Sumber: Istimewa)

Suarapakar.com – Kecelakaan maut terjadi di Tol Pejangan-Pemalang KM 308, Desa Saradan, Kecamatan/Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, pada Minggu (11/7/2021).

Peristiwa itu melibatkan dua unit kendaraan yakni bus PO Sudiro Tungga Jaya nopol AD 1626 CU dengan truk Isuzu boks nopol B 9281 SXR. Akibat kecelakaan itu, dilaporkan 8 orang tewas, 3 luka berat, dan 16 lainnya luka ringan.

Sementara itu, kejadian kecelakaan itu pihak kepolisian mengatakan, hingga saat ini belum diketahui secara rinci. Namun, polisi memastikan penyebab kecelakaan karena bus melaju sangat kencang. Hal tersebut diketahui dari hasil pemeriksaan saksi-saksi dan jejak rem di lokasi kejadian.

“Masih kami lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Namun, dari hasil keterangan saksi-saksi dan olah TKP, kendaraan bus melaju sangat kencang,” kata Kapolres Pemalang, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugraha, melansir detikcom, pada Senin (12/7/2021).

“Di TKP, yang kita lihat ada jejak pengereman dengan jarak pengereman yang singkat, hanya 3 meter. Tiga meter ini sebelumnya dilalui akibat adanya kendaraan yang melaju sangat kencang di sebelah kiri kanan tepatnya di KM 308 dari jalur A, dari Jakarta ke Semarang,” tambahnya.

Kemudian sebut Ronny, bus yang melaju kencang tersebut tidak terkendali setelah mengetahui adanya truk boks di lokasi kejadian yang oleng ke kanan. Karena jaraknya semakin dekat, bus yang telah berupaya melakukan pengereman, tidak terkendali dan kecelakaan pun tak terhindarkan.

“Karena ada truk boks yang ada di depannya, bus melakukan pengereman dan bantung setir ke kiri. Namun, kendaraan bus bagian kanan, nyenggol truk bagian belakang kiri, bus mepet godril (pembatas jalan) dan banting ke kanan kemudian terbalik,” tandasnya.

Baca juga: Paspampres Dikasari Polisi Ternyata Pengawal Pribadi Wapres Ma’ruf Amin

Korban Kecelakaan Berserakan di Jalan

Kuatnya hantaman kenderaan tersebut, membuat para korban tersebut keluar dari bus nahas itu. Tampak dari rekaman yang beredar, para korban berserakan di jalan dengan kondisi memprihatinkan. Sedangkan bus tampak terbalik.

Jenazah delapan korban tewas dalam kecelakaan bus di Tol Pemalang KM 308, sudah diambil pihak keluarga untuk dibawa ke rumah duka masing-masing.

“Semua jenazah korban sudah diambil pihak keluarganya. Di Rumah Sakit Siaga Medika ada 5, dan Rumah Sakit Prima Media ada tiga,” kata Kanit Laka Satlantas Polres Pemalang, Iptu Nuryadi, Senin (12/7/2021).

Sedangkan untuk kondisi pasien yang dirawat di rumah sakit, lanjut Nuryadi, sebagian besar sudah membaik. Bahkan, korban yang luka ringan sebagian sudah pulang.

GRANPRIZE

Berita Populer