Connect with us

Nasional

Kasus Terpapar Covid-19 di Sumut Terus Meningkat

Dengan demikian Provinsi Sumut masuk pada urutan ke-11 menjadi penyumbang terbanyak kasus Terpapar Covid-19 di Indonesia.

Diterbitkan

on

Kasus Terpapar Covid-19 di Sumut Terus Meningkat (suara pakar)
Tenaga kesehatan melakukan pemeriksaan PCR kepada salah seorang warga. (Foto: Vicky Siregar/Suara Pakar)

Suarapakar.com – Berdasarkan hasil data laporan harian Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) pada tanggal 18 Juli 2021 kasus Terpapar Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus meningkat. Tercatat pada semula sebanyak 43.721 menjadi 44.535 orang dinyatakan terpapar Covid-19.

Dengan demikian Provinsi Sumut masuk pada urutan ke-11 menjadi penyumbang terbanyak kasus Terpapar Covid-19 di Indonesia. Bertambahnya angka kasus Terpapar Covid-19 di Sumut berdasarkan pemeriksaan Swab PCR sebanyak 814 orang.

Untuk angka kesembuhan Provinsi Sumut juga menjadi penyumbang terbanyak. Sebanyak 217 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19 serta menjadikan akumulasi tersebut naik dari semula 35.162 menjadi 35.379 orang. Provinsi Sumut masuk pada urutan ke-16 terbanyak pada kasus Covid-19 di Indonesia.

Pada kasus kematian, Sumut baru saja mendapat penambahan 14 orang serta akumulasinya menjadi naik dari semula 1.305 menjadi 1.319 orang. Untuk kasus kematian ini, Sumut masuk pada urutan ke-12 menjadi penyumbang terbanyak di Indonesia.

Sehingga seluruh kasus aktif Covid-19 di Sumut berada pada tren kenaikan dan mengalami lonjakan yang signifikan dari 7.254 menjadi 7.837 orang.

Baca juga: PPKM Darurat Medan Diperpanjang Hingga Agustus 2021

IDI Sumut Gelar Pelatihan Dokter Brigade Siaga Covid-19

IDI Sumut menggelar pelatihan Dokter Brigade Siaga Covid-19 terhadap 200 dokter yang berlangsung secara virtual. (foto/IDI Sumut)

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumut menggelar pelatihan Dokter Brigade Siaga Covid-19 terhadap 200 dokter yang berlangsung secara virtual. Pelatihan ini digelar untuk menghadapi kasus Covid-19 yang mengalami lonjakan signifikan di Sumut.

Ketua IDI Sumut dr Ramlan Sitompul SpTHT-KL mengungkapkan pelatihan tersebut dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Dia optimis Indonesia khususnya Sumut bisa menang melawan pandemi Covid-19.

“Para dokter ini bagian dari sistem untuk mensupport pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Kita yakin, dan berterima kasih kepada pemerintah, baik pusat maupun kabupaten/kota, yang memiliki semangat luar biasa untuk bisa menang melawan Covid-19,” ungkapnya kepada wartawan, Minggu (18/7/2021).

Ramlan meminta kepada para dokter yang ada di Sumut untuk turun gunung membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Dia mengaku saat ini pihaknya telah menyiapkan seluruh dokter untuk menangani ledakan kasus yang tidak terkendali.

“Intinya, semua dokter harus bisa turun gunung bahu membahu memberikan pelayanan dan menjadi sahabat bagi masyarakat yang terpapar Covid-19,” pintanya.

Adapun dalam pelatihan Dokter Brigade Siaga Covid-19, Ramlan menjelaskan para dokter dilatih untuk memahami teknik pengambilan Swab, vaksinasi, merawat pasien, menjaga pintu masuk negara.

“Jadi memang di era digitalisasi dan dunia maya ini semua orang bisa berkomentar, artinya bisa mengambil referensi dari mana-mana. Tapi harapan kita, kalau referensinya tidak jelas jangan diikuti. Kita yakinlah, dokter itu terikat sumpah, walaupun ada satu-dua yang nyeleneh, tapi mayoritas para dokter ekspert di bidangnya,” jelasnya.

“Sebab bagaimanapun belum ada evidence standar internasional yang sungguh-sungguh bagus menangani pasien Covid-19, karena ini kasus baru,” pungkas Ramlan.

Reporter: Jafar Wijaya

GRANPRIZE

Berita Populer