Connect with us

Kriminal

Kasus Perdagangan Bayi di Medan, Pelaku Beli Seharga Rp 5 Juta

“Dari hasil pemeriksaan, tersangka A membeli bayi itu seharga Rp 5 juta dari seseorang, lalu menjualnya kepada petugas kita yang melakukan undercover,”

Diterbitkan

on

perdagangan bayi
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi. (foto : istimewa)

Suarapakar.com – Polda Sumatera Utara terus mendalami kasus perdagangan bayi di Medan beberapa hari lalu. Dari hasil penyidikan petugas sementara, tersangka membeli bayi tersebut seharga Rp 5 juta.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan bahwa penyidik Subdit IV/Renakta Ditreskrimum Polda Sumut masih terus mendalami kasus penjualan bayi berumur 14 hari yang berhasil diungkap pada Jumat (12/2) lalu. Saat pengungkapan tersebut, petugas sedang melakukan undercover.

“Dari hasil pemeriksaan, tersangka A membeli bayi itu seharga Rp 5 juta dari seseorang, lalu menjualnya kepada petugas kita yang melakukan undercover,” katanya, Rabu (17/2).

Hadi menuturkan, A merupakan agen bukan orang tua dari bayi itu. Kuat dugaan tersangka mendapatkan bayi tersebut dari transaksi jual beli.

“Setelah berhasil mendapatkan bayi dari orang tuanya, kemudian tersangka A mencari orang yang mau membeli bayi tersebut,” ucapnya.

Petugas juga masih mendalami kasus ini. “Kalau untuk orang tua bayi masih kita lidik ya. Kita juga masih mendalami kemungkinan ini bukan pertama yang tersangka lakukan,” terang Hadi.

Dia juga juga menegaskan, bahwa pihaknya berkomitmen untuk mengungkap kasus perdagangan bayi di Medan itu.

Hadi menambahkan, saat ini bayi tersebut sedang di rawat di RS Bhayangkara Medan. “Sang bayi masih di rawat secara intensif Rumah Sakit Bhayangkara Medan, karena kondisinya saat transaksi kemarin sangat memprihatinkan,” tambahnya.

Baca Juga: Polisi Gagalkan Perdagangan Bayi Berusia 14 Hari di Medan

Polda Sumut Ungkap Perdagangan Bayi di Medan

Sebelumnya, Subdit IV/Renakta Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumut berhasil mengungkap upaya penjualan bayi yang terjadi di kawasan Asia Mega Mas, Medan.

Dalam pengungkapan itu, petugas berhasil mengamankan seorang pelaku berinisial A SIA (42), yang merupakan warga Jalan Pukat VII Medan Tembung.

Dari interogasi petugas, pelaku mengakui, menawarkan (menjual) bayi tersebut seharga Rp28 juta. Dalam pengungkapan itu juga, petugas mengamankan barang bukti berupa 2 handphone uang Rp3.682.000, KTP 2 lembar, SIM dan STNK motor. Pelaku sendiri terancam Pasal 76 F jo 83 UU 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak.

Reporter : Jafar Wijaya

Berita Populer