Connect with us

Sepakbola

Kandaskan Inggris Lewat Drama Penalti, Italia Juara Euro 2020

Bertanding di Wembley Stadium, Senin (12/7/2021) dinihari, Italia dikejutkan oleh gol cepat Inggris di menit ke-2 melalui Luke Shaw. Italia baru bisa membalas pada babak kedua tepatnya menit ke-67 lewat gol Leonardo Bonucci.

Diterbitkan

on

Suarapakar.com - Italy juara Euro 2020
Kandaskan Inggris lewat adu penalti, Italia juara Euro 2020 (Sumber Gambar: Eurosport)

Suarapakar.com – Italia akhirnya keluar sebagai juara Euro 2020 usai mengandaskan tuan rumah Inggris di partai final lewat drama adu penalti setelah di waktu normal dan babak extra time bermain imbang 1-1.

Bertanding di Wembley Stadium, Senin (12/7/2021) dinihari, Italia dikejutkan oleh gol cepat Inggris di menit ke-2 melalui Luke Shaw. Pemain Manchester United itu berhasil memanfaatkan umpan silang Kieran Trippier dari sisi kiri pertahanan Italia.

Selepas gol Shaw, Italia mulai memegang kendali permainan. Sejumlah peluang diciptakan anak asuh Roberto Mancini, namun tak satupun yang menghasilkan gol. Hingga peluit babak pertama ditiupkan wasit, The Three Lion masih unggul 1-0 atas Gli Azzurri.

Memasuki babak kedua, Italia yang merupakan juara Piala Dunia 2006 terus menekan pertahanan anak-anak asuh Gareth Southgate. Hasilnya, pada menit ke-67 Giorgio Chiellini dkk berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Berawal dari sepak pojok, terjadi kemelut di depan gawang Inggris yang dijaga Jordan Pickford. Leonardo Bonucci yang berdiri tak terkawal berhasil menggetarkan jala gawang Inggris dengan sepakan kerasnya.

Skor sama kuat kian membuat Italia berada di atas angin. Mereka menguasai 63 persen ball possession berbanding 37 persen. Namun penguasaan bola tak mampu di manfaatkan Italia dengan baik.

Hingga pertandingan 90 menit usai, Gli Azzuri tak mampu menambah gol. Skor 1-1 sama pun menutup babak kedua dan di lanjutkan ke babak extra time.

Baca juga: Argentina Juara Copa America 2021, Messi Raih Trofi Perdana

Italia Menang Lewat Drama Adu Penalti

Di babak extra time pertama, Inggris mulai berani main terbuka dan mengimbangi permainan Italia. Tercatat, beberapa peluang diciptakan oleh Raheem Sterling dan juga Jack Grealish. Namun Italia juga berhasil beberapa kali mengancam gawang Inggris. Namun kurang baiknya penyelesaian akhir, kedua tim tak mampu menambah gol.

Pada babak extra time kedua, Inggris bermain kian menekan sementara Italia justru lebih berhati-hati dan memilih bermain aman sambil sesekali menyerang tapi tetap tak ada gol yang tercipta. Penentuan pemenang pun harus dilanjutkan ke adu penalti.

Adapun di babak tos-tosan ini 3 penendang penalti Inggris yakni Marcus Rashford, Jadon Sancho dan Bukayo Saka gagal melakukan tugasnya. Sementara algojo penalti Italia yang gagal adalah Andrea Belotti dan Jorginho. Namun demikian, Italia berhak merengkuh Piala Euro 2020 karena menang adu penalti dengan skor 3-2.

GRANPRIZE

Berita Populer