Connect with us

Peristiwa

Kabupaten Dairi Diguncang Gempabumi Tektonik 3,5 M, Terasa hingga Sidikalang

“Gempa bumi di wilayah Kabupaten Dairi tadi terjadi pukul 20.26 WIB,”

Diterbitkan

on

Kabupaten Dairi Diguncang Gempabumi (suara pakar)
Peta gempa bumi yang terjadi di wilayah Kabupaten Dairi, Senin (19/7/2021) malam. (Sumber: BMKG Wilayah I Medan/Jafar Wijaya)

Suarapakar.com – Gempabumi tektonik dengan kekuatan Magnitudo (M) 3,5 mengguncang wilayah Kabupaten Dairi, Senin (19/7/2021) malam.

“Gempa bumi di wilayah Kabupaten Dairi tadi terjadi pukul 20.26 WIB,” kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto ST,MM.

Hartanto mengungkapkan, dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 3,5 M. Di mana, episenter terletak pada koordinat 2.77 LU dan 98.35 BT.

“Atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 4 km Timur Laut Kabupaten Dairi, pada kedalaman 3 kilometer,” ujarnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, dikatakan Hartanto, gempa bumi tektonik ini yang terjadi kali ini merupakan jenis gempa bumi dangkal.

“Hal tersebut akibat aktivitas sesar aktif, Sistem Sesar Sumatera pada Segmen Renun,” jelasnya.

Baca juga: Banjir Terjang Dua Kecamatan di Gorontalo, 2.355 Warga Terdampak

Dampak Gempabumi Tektonik 3,5 M di Kabupaten Dairi

Lebih lanjut, Hartanto mengungkapkan bahwa dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kota Sidikalang dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil monitoring BMKG hingga pukul 21.30 WIB, imbuh Hartanto, belum ada menunjukkan aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Meski begitu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan jangan terpengaruh oleh isu-isu yang tidak diketahui kebenarannya.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbaunya.

Reporter: Jafar Wijaya

GRANPRIZE

Berita Populer