Connect with us

MotoGP

Jorge Lorenzo Ungkap Penyebab Vinales Hengkang dari Yamaha

“Vinales akan menderita karena kecepatan Quartararo. Tidak mudah untuk memiliki rekan setim yang lebih kuat,”

Diterbitkan

on

Lorenzo Ungkap Penyebab Vinales Hengkang dari Yamaha (suara pakar)
Mantan pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo. (Sumber: Crash.net)

Suarapakar.com – Mantan pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo, ikut mengomentari perpisahan Maverick Vinales dengan Yamaha yang akan terjadi pada akhir musim ini. Lorenzo pun mengaku mengetahui penyebab perpisahan tersebut.

Sebagaimana diketahui, Vinales memang memutuskan untuk berpisah dengan Yamaha di akhir MotoGP 2021. Padahal kontrak Vinales sejatinya masih tersisa satu tahun lagi dengan Yamaha, sehingga baru akan habis pada penghujung musim 2022.

Perpisahan yang mengejutkan itu pun sontak membuat Vinales ramai dibicarakan. Bukan hanya soal penyebabnya, tetapi juga ke tim mana nantinya mantan pembalap Suzuki itu akan berlabuh.

Lorenzo mengomentari lebih dalam soal penyebab perpisahan Vinales dengan Yamaha. Menurutnya, perpisahan tersebut disebabkan oleh keberadaan Fabio Quartararo.

Dengan adanya rekan setim yang jauh lebih kuat, kata Lorenzo, Vinales disebut merasa tidak nyaman.

“Kita semua tahu bahwa hubungan antara Vinales dan Yamaha tidak mudah. Tetapi tidak ada yang mengharapkan hasil ini di antara kedua belah pihak,” ujar Lorenzo, sebagaimana dikutip dari Tutto Motori Web, Sabtu (17/7/2021).

Vinales akan menderita karena kecepatan Quartararo. Tidak mudah untuk memiliki rekan setim yang lebih kuat,” lanjutnya.

Ditambahkan Lorenzo, Vinales juga merasa Yamaha tak bisa lagi menjadi tempatnya untuk merebut gelar juara MotoGP. Sebab, setelah lima tahun di sana, kinerjanya tak menunjukkan peningkatan pesat.

“Setelah lima tahun tidak bisa mengukuhkan dirinya sebagai juara dunia, kini dia mencoba untuk pindah pihak,” pungkas Lorenzo.

Baca juga: Vinales Akan Kembali ke Suzuki, Joan Mir dan Rins Terancam

Lorenzo Nilai Psikologis Quartararo Lebih Matang

Dalam kesempatan yang sama, Jorge Lorenzo turut mengomentari kiprah manis yang diraih Fabio Quartararo di MotoGP 2021. Menurut mantan pembalap MotoGP itu, semua itu terjadi karena Quartararo kini menjadi jauh lebih matang, terlebih secara psikologis.

“Setelah Marquez absen setahun dan setelah kejuaraan 2020 yang agak aneh, dia (Quartararo) telah matang secara psikologis, dia lebih kuat dari 2019 dan tahun lalu,” ujar Lorenzo.

Semenjak bergabung denga tim Yamaha, Quartararo memang tampil luar biasa di MotoGP 2021. Pembalap berjuluk El Diablo itu sudah 6 kali meraih podium pada musim ini.

Saat ini, Quartararo memimpin klasemen sementara dengan koleksi 156 poin. Tak ayal, Lorenzo pun percaya bahwa Quartararo punya peluang besar untuk menjadi juara MotoGP 2021.

“Dia menjadi pemimpin kejuaraan yang tak terbantahkan. Dia adalah favorit, tapi sedikit demi sedikit Marquez akan datang dan akan berada di sana lagi,” tukasnya.

GRANPRIZE

Berita Populer