Connect with us

Nasional

Jokowi Targetkan 2 Juta Dosis Vaksinasi Covid-19 per Hari

“Saya berharap dimulai hari ini target satu juta vaksin (per hari) untuk seluruh penduduk Indonesia betul-betul terus kita jaga sampai nantinya bulan Juli,”

Diterbitkan

on

2 Juta Dosis Vaksinasi Covid-19 (suara pakar)
Jokowi dalam peninjauan vaksinasi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, (Sumber: Twitter Setkab RI)

Suarapakar.com – Presiden Jokowi targetkan vaksinasi Covid-19 menjadi dua kali lipat atau 2 juta dosis per hari. Itu dikatakannya saat meninjau Serbuan Vaksinasi Nasional TNI-Polri di Lapangan Bhayangkara, Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri), Jakarta, Sabtu (26/06/2021) pagi.

Selain minta target harian vaksinasi ditingkatkan menjadi dua kali lipat di Agustus 2021, Jokowi juga mengimbau agar target harian vaksinasi sebanyak satu juta dosis dipertahankan hingga bulan Juli 2021.

“Saya berharap dimulai hari ini target satu juta vaksin (per hari) untuk seluruh penduduk Indonesia betul-betul terus kita jaga sampai nantinya bulan Juli,” tutur Jokowi dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI.

Vaksinasi dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75 Tahun 2021 itu, Jokowi berdialog dengan sejumlah Kapolda yang tengah menggelar vaksinasi massal di wilayah masing-masing. Yaitu Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Kapolda Sumatra Utara, Kapolda Sulawesi Selatan, Kapolda Kalimantan Timur, dan Kapolda Maluku.

Dalam dialog tersebut, selain memastikan vaksinasi massal berjalan dengan lancar sesuai target yang telah ditetapkan, Jokowi juga menanyakan kesanggupan para Kapolda untuk meningkatkan target harian vaksinasi menjadi dua kali lipat.

“Nanti bulan Agustus akan kita beri target dua kali dari yang ada sekarang ini,” kata Jokowi.

“Sangat mampu Bapak Presiden, karena banyak yang menunggu masyarakat,” jawab Kapolda Kalimantan Timur dengan sangat yakin. Jawaban serupa juga disampaikan oleh Kapolda yang lainnya.

Diketahui, dari total keseluruhan serbuan vaksinasi massal ini, Polri menargetkan sebanyak 1.348.298 dosis vaksin yang akan disuntikan kepada masyarakat Indonesia dalam satu hari.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Pemerintah Kebut Vaksinasi

Jokowi Intruksikan Menkes Sediakan Pasokan Vaksin Covid-19

Menanggapi hal tersebut, dua Kapolda langsung menagih vaksin di hadapan Jokowi. Jokowi pun menginstruksikan kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk menyediakan pasokan vaksin untuk kebutuhan akselerasi vaksinasi tersebut.

“Ini disamping saya Pak Menkes, bagian Menteri Kesehatan adalah menyiapkan vaksinnya,” ujar mantan Wali Kota Solo itu.

Menutup dialog, Jokowi mengimbau pemerintah daerah yang didukung oleh jajaran TNI dan Polri agar dapat selalu mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan di masyarakat dalam segala kegiatan yang dilakukan di lapangan.

“Sekali lagi saya ingin menekankan, agar tindakan-tindakan lapangan, langkah-langkah di lapangan, mengontrol, mengecek semuanya yang berkaitan dengan Covid-19 ini dilakukan oleh Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, dan didukung oleh jajaran TNI dan Polri dalam rangka mendisiplinkan masyarakat, utamanya terhadap protokol kesehatan,” tandasnya.

Turut mendampingi Jokowi dalam peninjauan vaksinasi di Stadion Utama Gelora Bung Karno antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

GRANPRIZE

Berita Populer