Connect with us

Sepakbola

Joachim Low Mundur Usai 15 Tahun Jadi Pelatih Jerman

“Setelah 15 yahun menekuni pekerjaan ini, dengan segala tanggung jawab yang menyertainya, mengambil jeda adalah sebuah keharusan,”

Diterbitkan

on

Joachim Low Mundur Usai 15 Tahun Jadi Pelatih Jerman (suara pakar)
Joachim Low. (Foto: Frank Augstein)

Suarapakar.com – Joachim Low memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Jerman. Mundurnya Low disinyalir karena Jerman tersingkir dari babak 16 besar EURO 2002 usai disingkirkan Inggris.

Laga tersebut merupakan laga perpisahan bagi Low yang sudah 15 tahun menangani Timnas Jerman. Ia akan menyerahkan tongkat estafet kepelatihan kepada mantan asistennya, Hansi Flick.

Setelah mundur, Joachim Low mengaku belum punya rencana setelah mundur sebagai pelatih Jerman.

“Setelah 15 yahun menekuni pekerjaan ini, dengan segala tanggung jawab yang menyertainya, mengambil jeda adalah sebuah keharusan,” kata Low melansir laman resmi UEFA.

“Akan ada waktunya ketika anda menemukan energi baru untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Saat ini, saya tidak punya rencana konkret,” ujar pelatih berusia 61 tahun itu.

Diketahui, sebelum jadi pelatih Jerman pada 2006 menggantikan Juergen Klinsmann, rekam jejak kepelatihan Loew tidak begitu mentereng kecuali membawa VFB Stuggart juara DFB Pokal 1997 dan runner-up Piala Winners setahun berselang.

Pada tahun 2002, Loew membantu Tirol Innsbruck mempertahankan gelar juara Liga Austria yang membuatnya dipinang Austria Wien.

Baca juga: Tanpa Cristiano Ronaldo, Ini 5 Calon Pemain Terbaik EURO 2020

Joachim Low Bawa Jerman Juara Piala Dunia 2014

Sejak menggantikan Klinsmann jadi pelatih Jerman, Low berhasil mengantarkan Tim Panzer ke runner-up EURO 2008, peringkat ketiga Piala Dunia 2010 dan jadi juara dunia empat tahun kemudian.

Namun, penampilan mengecewakan di Piala Dunia 2018 yang diikuti berbagai hasil memalukan di berbagai ajang menimbulkan pertanyaan akan masa depannya di Jerman.

Dan pada 9 Maret 2021, DFB mengkonfirmasi bahwa Joachim Low akan meninggalkan Jerman selepas EURO 2020 dan akan digantikan oleh Hansi Flick yang sempat mendampinginya sebagai asisten kala juara Piala Dunia 2014.

GRANPRIZE

Berita Populer