Connect with us

Ekonomi

Jelang Idul Adha 2021, Pasar Tradisional di Deli Serdang Tampak Sepi

“Selama PPKM Darurat ini pembeli berkurang sehingga sering sisa barang pedagang kita ini jadi merugi sehingga memilih untuk tutup sementara”

Diterbitkan

on

Pasar Tradisional di Deli Serdang Tampak Sepi (suara pakar)
Suasana Pasar Raya Medan Metropolitan Trade Centre (MMTC) di Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang jelang Idul Adha 2021, (Sumber: Istimewa/Alfiansyah)

Suarapakar.com – Jelang hari raya Idul Adha 2021, Pasar Raya Medan Metropolitan Trade Centre (MMTC) di Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang, tampak sepi dari pedagang.

Kepala Pengelola Pasar MMTC, Roma Simare Mare menjelaskan, suasana lengang ini dikarenakan ada sekitar 100 kios yang didominasi oleh komoditas sayur mayur tutup sementara selama PPKM Darurat.

“Selama PPKM Darurat ini pembeli berkurang sehingga sering sisa barang pedagang kita ini jadi merugi sehingga memilih untuk tutup sementara” ungkapnya, Senin (19/7/2021).

Ia menyebutkan, selain itu ada juga beberapa komoditas bahan pokok turut meningkat namun tidak secara signifikan.

“Harga saat ini masih normal, belum ada komoditas daging atau ikan yang naik secara signifikan. Kemudian kita lihat juga cabai, sayur mayur dan buah masih dalam harga normal,” katanya.

Roma menambahkan, adapun untuk komoditas bawang merah berada di harga Rp 22 ribu per kilogram, bawang putih Rp 24 ribu per kilogram, tomat seharga Rp 7 ribu per kilogram, kentang Rp 8 ribu sampai Rp10 ribu per kilogram.

Kemudian untuk komoditas cabai merah saat ini berada di harga Rp 45 ribu sampai Rp 48 ribu per kilogram, cabai rawit seharga Rp 40 ribu per kilogram, dan cabai hijau seharga Rp26 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang, Marina menuturkan bahwa kenaikan harga ini lantaran stok komoditi yang mulai berkurang pasokannya.

“Susah sekarang dapatkan barangnya karena truk kan agak susah lewat karena PPKM darurat ini,” ucapnya.

Baca juga: Jamaah Thareqat Naqsabandiyah Salat Idul Adha 2021 Hari Ini

Daging Sapi Alami Lonjakan Harga

Selain itu, seorang Pedagang Daging, Heru mengatakan untuk harga daging juga mengalami kenaikan. Seperti daging sapi yang kini berada di harga Rp140 ribu per kilogram dan tulang sumsum seharga Rp25 ribu per kilogram.

Sementara untuk daging kambing, pedagang menjualnya di kisaran harga Rp100 ribu per kilogram. Hati kambing Rp100 ribu per kilogram, kikil Rp35 ribu, kepala kambing Rp60 ribu per kepala.

Kemudian untuk harga daging ayam, kini seharga Rp25 ribu per kilogram.

“Kalau harga daging masih biasa aja, ada naik Rp10 ribu hari ini. Kalau untuk stok kita aman karena peternakan sendiri,” pungkasnya.

Reporter: Alfiansyah

GRANPRIZE

Berita Populer