Connect with us

Tekno Informasi

Jeff Bezos Akan Mundur dari Posisi CEO Amazon Akhir Tahun Ini

Jeff Bezos segera mengundurkan diri dari posisi CEO Amazon pada akhir tahun ini dan akan digantikan oleh Andy Jassy yang sebelumnya memimpin Amazon Web Services.

Diterbitkan

on

Jeff Bezos CEO Amazon
CEO Amazon, Jeff Bezos (Sumber : GeekWire)

Suarapakar.com – Jeff Bezos segera mundur dari posisi CEO Amazon pada akhir tahun ini. Pendiri e-commerce raksasa tersebut akan digantikan oleh Andy Jassy yang sebelumnya memimpin Amazon Web Services.

Bezos mengaku, posisi CEO Amazon ia lepaskan karena ingin fokus untuk hal lain.

Melansir dari BBC News, Rabu, (03/02/2021) “Menjadi CEO Amazon adalah tanggung jawab yang dalam. Ketika Anda memiliki tanggung jawab seperti itu, sulit untuk menaruh perhatian pada hal lain,” kata Bezos.

Bezos juga mengungkapkan bahwa ia akan tetap terlibat dalam inisiatif penting di Amazon, namun waktu dan perhatiannya akan fokus terhadap bisnis lain yang ia kembangkan.

“Sebagai Ketua Pelaksana, saya akan tetap terlibat dalam inisiatif penting Amazon tetapi juga memiliki waktu dan energi yang saya butuhkan untuk fokus pada Day 1 Fund, the Earth Bezos Fund, Blue Origin, The Washington Post, dan minat saya yang lain.”

Baca Juga: Huawei Mate X2 Diperkirakan Akan Meluncur Akhir Februari

Jeff Bezos Merintis Amazon dari Garasi Rumahnya

Berawal dari ketertarikannya dengan boomingnya internet kala itu, Bezos mengundurkan diri dari posisi penting di salah satu firma Wall Street dan mendirikan Amazon pada Juli 1994.

Kemudian ia merintis penjualan online dari garasi rumahnya di Washington. Bersama istrinya, McKenzie Scott, Bezos memulai bisnisnya dengan menjual buku secara online.

Berkat kegigihannya, Amazon berkembang dengan pesat. Hanya dalam kurun waktu dua tahun Amazon berhasil memiliki 1 juta pelanggan. Dengan bermodalkan basis pengguna yang sebesar itu, Amazon pun berkembang menjadi toko online serba ada.

Suksesnya Amzon tidak hanya karena menjual produk saja, namun Amazon berhasil memanfaatkan teknologi untuk mencapai efisiensi yang optimal. Teknologi di balik Amazon ini pun kemudian menjadi aset berharga, yang berujung didirakannya anak perusahaan di bidang cloud computing, AWS.

Dapat dikatakan, AWS adalah pelopor konsep cloud, ketika sebuah perusahaan bisa menyewa infrastruktur TI ke pihak ketiga tanpa perlu memiliki server sendiri.

AWS pun menjadi pemain dominan di pasar cloud computing. Mengutip dari infokomputer, Per 2020 yang lalu, AWS masih menguasai pasar cloud computing dunia dengan pangsa pasar sebesar 32%. Pendapatan AWS mencapai US$2,26 miliar dan menyumbang 71% dari total keuntungan Amazon.

Klik Untuk Berkomentar

Komentar

Your email address will not be published.

Berita Populer