Connect with us

Nasional

Jam Tangan Jokowi Rp4,7 Miliar Pemberian Raja Salman Jadi Milik Negara

Jam tangan Bovet terkenal karena memiliki nilai artistik yang tinggi dan harganya USD 340.500 atau sekitar Rp 4,7 miliar.

Diterbitkan

on

jam tangan jokowi
Jam tangan Bovet. (foto: Bovet.com)

Suarapakar.com –  Jam tangan Jokowi seharga Rp4,7 miliar pemberian dari Raja Salman resmi menjadi Barang Milik Negara (BMN).  Demi alasan keamanan, jam tangan merek Bovet AIEB001 itu tidak menyimpannya di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melaporkan 12 barang dari Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud kepada KPK. Tak tanggung-tanggung, total harga 12 barang dari Raja Salman itu, Rp 8,7 miliar.

Sebagai barang gratifikasi, Presiden Jokowi pun menyerahkannya kepada KPK. KPK pun menyerahkannya kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementrian Keuangan, 9 Februari 2021 lalu. Kini, jam tangan itu pun resmi menjadi milik negara.

Selain jam tangan mewah, terdapat juga barang-barang lainnya. Seperti Al Quran, lukisan Ka’bah dan berbagai perhiasan lainnya.

Baca juga: DJKN Terima Gratifikasi Presiden Jokowi Sebesar Rp8,788 Miliar dari KPK

Raja Salman Berikan Jam Tangan Bovet AIEB001 Untuk Jokowi 2019 Silam

Jam tangan Bovet AIEB001 merupakan salah satu dari 12 barang dari Raja Salman saat berkunjung ke Indonesia, 15 Mei 2019 silam. Jam tangan buatan Swiss itu menjadi perhatian karena harganya yang sangat fantastis.

Melansir dari laman Watches of Switzerland, jam tangan Bovet terkenal karena memiliki nilai artistik yang tinggi dan harganya USD 340.500 atau sekitar Rp 4,7 miliar. Para kolektor jam mengangumi jam tangan Bovet karena dial-nya (lukisan miniatur Fleurier), ukiran mewah dan tourbillon tujuh hari yang menjaga tingkat akurasi penunjuk waktu dari pengaruh gaya gravitasi bumi.

Selain memiliki nilai artistik yang tinggi, jam tangan ini juga mengandung emas, rose gold 18 karat yang terdapat pada bagian bodinya yang berdiameter 46 mm.  Sedangkan bagian strapnya berbahan kulit buaya berwarna biru.

Melirik ke bagian mesinnya, jam tangan ini merupakan jam tangan mekanik dan tahan air, hingga kedalaman 30 meter.

Bovet merupakan merek jam tangan Swiss mahakarya dari Edouard Bovet pada tahun 1822 dan saat ini, Bovet fokus memproduksi jam tangan artistik lainnhya, seharga Rp 35 miliar.

KELASTRADING

Berita Populer