Connect with us

Al Islam

Istri Dilaknat Malaikat Ketika Menolak Ajakan Suami? Ini Penjelasannya!

Diterbitkan

on

Istri Dilaknat Malaikat

Suarapakar.com – Prinsip pernikahan dalam Islam itu salah satunya adalah muasyarah bil ma’ruf (memperlakukan pasangan dengan baik). Benarkah Istri dilaknat Malaikat ketika menolak ajakan suami?

Jawabannya adalah benar berdasarkan konteks hadits, dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا دَعَا الرَّجُلُ امْرَأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهِ فَأَبَتْ فَبَاتَ غَضْبَانَ عَلَيْهَا لَعَنَتْهَا المَلاَئِكَةُ حَتَّى تُصْبِحَ

“Jika seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidurnya, lalu istrinya menolaknya sehingga ia (suami) melalui malam itu dalam keadaan marah, maka malaikat melaknat istrinya itu hingga shubuh.” (Hadits Riwayat Bukhari, Muslim, Abu Daud, Ahmad, dan Ad Darimi).

Meskipun benar bahwa istri dilaknat malaikat ketika menolak ajakan suaminya, namun hadits ini tidak berdiri sendiri! Karena ada Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam Al Quran, yang memerintahkan seorang suami harus menggauli istrinya secara patut.

وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ فَإِنْ كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

“ … Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (Surat ke-4 An Nisaa, ayat 19).

Pendapat Ulama Tentang Istri yang Menolak Ajakan Suami

Melansir dari almanhaj.or.id, … penetapan hukum haram bagi istri yang menolak keinginan suami ke atas ranjang (untuk berjima’) syaratnya ketika tidak terdapat alasan secara syar’i.

Seorang Ulama besar bermazhab Imam Syafi’i, yaitu Al Imam Al Allamah Abu Zakaria Muhyuddin bin Syaraf An Nawawi AdDimasyqi (lahir desa Nawa, dekat kota Damaskus, pada tahun 631 H dan wafat pada tahun 24 Rajab 676 H). Atau lebih terkenal dengan nama Imam An Nawawi mengatakan,

“bahwa seorang suami harus selalu memperhatikan keadaan sang istri ketika ia memintanya.” Kata Imam An Nawawi.

Syekhul Islam berkata,

“Seorang suami berhak untuk bersenang-senang dengan sang istri kapan saja, selama hal itu tidak memberikan dampak negatif kepadanya atau menyibukkannya dari sesuatu yang lebih wajib, jika semua itu tidak ada, maka seorang istri harus memenuhinya.” Dalam kitab As Siyaasah Asy Syar’iyyah fii Ishlaahir Raa‘i war Raa‘iyyah (Hal. 163).

Ini Doa Agar Istri Selalu Patuh dan Hormat pada Suami

Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah mengajarkan para suami suatu kalimat permohonan doa kepada-Nya, untuk membuat istrinya bertakwa kepada Allah dan Rasul-Nya, serta patuh pada suaminya.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

RABBANAA HABLANAA MIN AZWAAJINAA WA DZURRIYYAATINAA QURROTA A’YUNI WAAJ’ALNAA LILMUTTAQIINA IMAAMAA

“ … Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (Surat ke-25 Al Furqon, ayat 74).

Wallahu a’lam,

Berita Populer