Connect with us

Tekno Informasi

Instagram Hapus Fitur Threads Akhir Tahun 2021

“Kami sekarang memfokuskan upaya kami untuk meningkatkan cara Anda terhubung dengan teman dekat di Instagram, dan menghentikan aplikasi Threads,”

Diterbitkan

on

Suara Pakar - Hapus Fitur Threads
Aplikasi Instagram. (Foto: Suara Pakar)

Suarapakar.com – Media sosial milik Meta, Instagram mengumumkan akan menghentikan fitur Threads bagi seluruh penggunanya pada akhir Desember 2021.

Threads adalah aplikasi pesan yang terpisah dari Instagram. Konsepnya serupa dengan Facebook Messenger, di mana pengguna Instagram bisa mengirim pesan pribadi dengan pengguna lain dalam bentuk foto, video, atau teks berupa Direct Message (DM).

Dilansir dari cnnindonesia pada Jumat (19/11/2021), Instagram berencana untuk mengumumkan pemberitahuan ini secara langsung melalui aplikasi Threads mulai 23 November 2021 mendatang.

Saat dukungan aplikasi berakhir, Threads akan secara otomatis dihapus dari platform Google Play Store dan App Store. Nantinya, semua fitur yang awalnya tersedia di Threads akan dialihkan ke aplikasi utama Instagram

Threads dikenalkan pada 2019 dan merupakan kelanjutan dari fitur close friend di Instagram. Fitur ini lantas dilepaskan dan menjadi aplikasi terpisah.

Ketika Threads diperkenalkan, Instagram mengatakan bahwa aplikasi itu dirancang untuk memungkinkan teman dekat berkomunikasi satu sama lain.

Hingga saat ini, Threads telah menghasilkan sekitar 13,7 juta penginstalan global dari seluruh App Store dan Google Play.

Instagram Threads, (Sumber: Facebook)

Baca juga: Aplikasi Clubhouse Bakal Hadirkan Pengaturan Bahasa Jawa

Alasan Instagram Hapus Fitur Threads

Namun, aplikasi tersebut terbilang tidak pernah populer di kalangan pengguna Instagram. Hal itu menjadi salah satu alasan utama, mengapa aplikasi tersebut dihentikan.

Dikutip Tech Crunch, Threads saat ini berada di peringkat ke 214 dalam kategori Foto & Video di App Store Amerika Serikat. Hal ini menjadi indikasi kegagalan aplikasi ini menarik pengguna.

Selain itu, Keputusan ditutupnya Threads nampaknya juga dilatarbelakangi oleh kehadiran fitur terbaru yang belum lama ditambahkan pada aplikasi yang berada di bawah naungan Meta.

Suarapakar - Kelas trading 1 bulan Fakar Suhartami Pratama

Meta telah mengintegrasikan layanan Instagram dan Facebook Messenger sehingga masing-masing pengguna aplikasi bisa saling berkirim pesan langsung (Direct Message/DM). Instagram mengaku ingin memfokuskan layanan berbagi pesan miliknya dengan tidak membagi perhatiannya dalam dua aplikasi yang berbeda.

“Kami sekarang memfokuskan upaya kami untuk meningkatkan cara Anda terhubung dengan teman dekat di Instagram, dan menghentikan aplikasi Threads,” ujar juru bicara Instagram.

Instagram juga menyebut bahwa pihaknya akan merilis fitur perpesanan baru di aplikasi utama Instagram, setidaknya hingga beberapa bulan ke depan.

KELASTRADING

Berita Populer