Connect with us

Kriminal

Ini Motif Nazir Masjid di Sumut Ditikam Usai Makamkan Warga

“Arief memang memiliki kepribadian yang kurang baik. Dia juga pernah membakar rumah hingga terlibat cek-cok dengan kerabatnya,”

Diterbitkan

on

Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan menjenguk nazir masjid ditikam Marzuki Harahap di RSUD Rantauprapat. (Sumber: Polres Labuhanbatu/Jafar Wijaya)

Suarapakar.com – Motif nazir Masjid Al-Hidayah di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) ditikam terungkap, yang dilatarbelakangi sakit hati pelaku kepada anak korban.

Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan mengungkapkan, motif pelaku penikaman Arief Ritonga (31) terhadap nazir Masjid Al-Hidayah Marzuki Harahap (54) tersebut diyakini berawal pada Kamis (19/8/2021). Saat itu, anak korban bernama Putra Harahap bertanya kepada pelaku tidak tampak lagi salat di Masjid Al-Hidayah.

“Dari kesaksian anak korban bernama Putra, pelaku terlihat mondar-mandir di rumah korban, dan Putra sempat bertanya kepada Arief, kenapa tidak pernah terlihat lagi di Masjid Al Hidayah selama 4 bulan ini. Mungkin pertanyaan itu membuat sakit hati hingga tega menikam ayahnya,” jelas Deni.

Sakit hati inilah kemudian, pelaku menyasar Marzuki Harahap, nazir Masjid Al-Hidayah untuk melampiaskan ketersinggungannya atas ucapan anak korban, Putra. Diduga kuat bila pelaku sudah mengintai keberadaan korban.

Hingga akhirnya, pelaku korban ditikam pelaku usai memimpin prosesi pemakaman salah seorang warga di TPU Batusangkar, Rantauprapat, Kamis (19/8) sekira pukul 16.25 WIB. Korban ditikam pelaku saat beranjak keluar dari TPU. Pelaku menghujamkan senjata tajam yang digunakannya ke bagian dada kanan, dan punggung korban 2 kali.

“Setelah doa jenazah, Pak Marzuki Harahap mau pulang, belum sampai keluar tiba-tiba datang dan langsung menyerang,” jelas mantan Kapolres Nias itu.

Pelaku penikaman nazir masjid dan barang bukti pisau diamankan polisi. (Sumber: Polres Labuhanbatu)

Warga yang melihat, langsung menangkap pelaku dan menghakiminya hingga babak belur. Selanjutnya, warga menyerahkannya ke Mapolres Labuhanbatu. Sedangkan korban dilarikan ke RSUD Rantauprapat untuk mendapatkan perawatan secara intensif. Deni pun telah melihat kondisi korban.

Baca juga: Nazir Masjid di Sumut Ditikam Usai Memimpin Pemakaman

Pelaku Penikaman Nazir Masjid Dikenal Meresahkan Warga

Salah seorang warga menyebutkan, jika prilaku Arief meresahkan masyarakat setempat. Bahkan, terungkap pula bila pria 31 tahun itu pernah berurusan dengan hukum sebelumnya.

“Arief memang memiliki kepribadian yang kurang baik. Dia juga pernah membakar rumah hingga terlibat cek-cok dengan kerabatnya,” ungkap warga.

Reportet: Jafar Wijaya

KELASTRADING

Berita Populer