Connect with us

Al Islam

Ini Hukumnya Jual Beli Mushaf Al Quran, Baca Biar Tahu!

Sebagaimana terdapat dalam Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala, “…Janganlah kalian jual-beli (menukarkan) ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit, dan bertaqwalah hanya kepada-Ku.” (Surat ke-2 Al Baqarah, ayat 41).

Diterbitkan

on

Jual Beli Mushaf Al Quran (suara pakar)
Kajian tentang Jual beli mushaf Al Quran menurut tafsir dan pandangan ulama. (foto: Suarapakar.com).

Suarapakar.com – Pada dasarnya jual beli itu Halal. Namun ketika yang diperjualbelikan adalah sesuatu kemaksiatan atau sesuatu larangan, atau yang berdampak mudharat (kerugian/bahaya), maka Haram hukumnya. Lalu bagaimana hukumnya jual beli mushaf Al Quran? Ini penjelasannya!

Berikut bentuk utuh dari ayat yang sering menjadi kajian dalam hukum jual-beli mushaf Al Quran,

وَآمِنُوا بِمَا أَنْزَلْتُ مُصَدِّقًا لِمَا مَعَكُمْ وَلَا تَكُونُوا أَوَّلَ كَافِرٍ بِهِ ۖ وَلَا تَشْتَرُوا بِآيَاتِي ثَمَنًا قَلِيلًا وَإِيَّايَ فَاتَّقُونِ

“Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (Al Quran) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya,

dan janganlah kamu jual-beli (menukarkan) ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa.” (Surat ke-2 Al Baqarah, ayat 41).

Berdasarkan ayat ini, maka ada sebagian ulama yang mengharamkan jual beli mushaf Al Quran. Seperti para ulama yang bermazhab Hanbali berpendapat bahwa jual beli mushaf Al Quran itu tidak diperbolehkan. Bahkan, transaksinya tidak sah.

Baca juga: Baca Doa Ini! Sebelum dan Sesudah Berhubungan Suami Istri

Ini Kajian Hukum Tentang Jual Beli Mushaf Al Quran

Adapun kajian hukum tentang jual beli mushaf Al Quran berdasarkan Dalil dan beberapa pendapat ulama adalah sebagai berikut,

1. Jual Beli yang membawa suatu manfaat hukumnya Halal.

Berdasarkan Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala,

وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا

“… Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan Riba, …” (Surat ke-2 Al Baqarah, ayat 275).

Dan tentunya hasil ijtihad para Sahabat terdahulu untuk menjadikan Al Quran dalam bentuk mushaf yang utuh sudah melalui pertimbangan ketat terhadap kemaslahatannya (manfaat besar) bagi umat Islam. Maka Jual beli mushaf Al Quran hukumnya Halal, mengingat manfaatnya yang cukup luas.

2. Tafsir Surat ke-2 Al Baqarah, ayat 41

Dalam Tafsir Al Madinah Al Munawwarah menjelaskan bahwa maksud dari kalamullah,

وَلَا تَشْتَرُوا بِآيَاتِي (dan janganlah kamu jual-beli (menukarkan) ayat-ayat-Ku), Yaitu; janganlah menjual-belikan (menukarkan) perintah-perintah-Ku dan larangan-larangan-Ku.

Kemudian ثَمَنًا قَلِيلًا (dengan harga yang rendah), Yaitu; dengan kehidupan yang kebaikannya hanya sedikit ini dan jabatan yang remeh yang tak ada artinya. (Lansiran dari tafsirweb.com)

Jadi, dalam tafsir ini menegaskan bahwa jangan mengingkari perintah dan larangan Allah karena adanya imbalan-imbalan tertentu untuk kesenangan hidup di dunia.

Bukan ditujukan atau dimaksudkan pada aktifitas jual beli mushaf Al Quran yang memiliki manfaat luas itu. Dan ketika turunnya ayat tersebut, belum ada mushaf Al Quran seperti yang ada (dijual-beli) saat ini.

Saat itu yang ada adalah orang-orang penghafal Al Quran yang mereka dengarkan lafalnya dari Rasulullah secara bertahap. Dan ada juga yang mencatatkannya pada pelepah kurma, batu, dan tulang-tulang.

3. Tidak Ada Dalil yang Tegas Mengharamkan Jual Beli Mushaf Al Quran

Syekh Ibnu Utsaimin, seorang ulama era kontemporer yang ahli dalam sains fiqh (lahir: kota Unaizah, Arab Saudi, tahun 29 Maret 1929, Wafat: Jeddah, Arab Saudi, 11 Januari 2001), menyatakan bahwa jual beli mushaf Al Quran Halal. Sebagai alasan yang menguatkan pendapat tersebut adalah,

“hukum asal transaksi jual beli adalah halal dan tidak dijumpai dalil shahih yang tegas mengharamkannya (jual beli Mushaf Al Quran), …” Ungkap Syekh Utsaimin, melansir dari pengusahamuslim.com, berjudul: Hukum Bisnis Mushaf Al Quran.

Mengharamkan jual beli mushaf Al Quran, akan menyebabkan orang tidak bisa membaca Al Quran atau kesulitan untuk mendapatkannya.

Entahlah suatu saat nanti, mengingat kemajuan teknologi yang semakin canggih saat ini, Al Quran sudah bisa diakses melalui Handphone lewat aplikasi Android. Sehingga menyebabkan jual beli mushaf Al Quran tidak laku lagi.

Wallahu a’lam,

KELASTRADING

Berita Populer