Connect with us

Tekno Informasi

Ini 5 Fitur Baru Google Untuk Pengguna Android

Update kali ini akan dirilis secara bertahap, jadi beberapa pengguna mungkin harus menunggu untuk mendapat pembaruannya.

Diterbitkan

on

Update Fitur Baru Google Untuk Android (suara pakar)
Update Fitur Baru Google Untuk Android

Suarapakar.com – Google akan merilis update fitur baru untuk enam aplikasi di Android, yang mulai tersedia untuk pengguna dalam waktu dekat ini.

Aplikasi yang akan mendapat update fitur baru dari Google kali ini cukup beragam, mulai dari Google Maps, Messagers hingga Android Auto yang diharapkan dapat bermanfaat bagi pengguna. Berikut enam fitur baru untuk aplikasi Android yang akan diluncurkan Google.

Update Google Assistant (bisa dibuka tanpa perlu memegang ponsel)

Fitur Baru Google Assistant

Google Assistant (Sumber: SlashGear)

Google Assistant kini bisa pengguna akses tanpa perlu memegang ponsel. Nantinya, pengguna bisa memanggil Google Assistant dengan suara bahkan saat layar ponsel dalam keadaan mati dan perangkat sedang terkunci.

Google mengkalim bahwa dalam update kali ini mereka memperbesar ukuran informasi yang ditampilkan, agar lebih mudah dibaca dari jarak jauh. Google menambhakan, agar memastikan fitur ini berfungsi, pengguna bisa mengaktifkan ‘Lock Screen Personal Results’ di pengaturan Google Assistant.

Baca juga: Spotify HiFi Siap Rilis, Musik dalam Format Loseless Audio

Menjadwalkan Pesan yang Dikirim

Pesan Terjadwal Google

Fitur Pesan Terjadwal Google (Doc.google)

Kabar baik datang untuk para pengguna Google Messages, karena bakal ada fitur baru yang sangat bermanfaat yakni opsi untuk mengirimkan pesan terjadwal.

Fitur ini bisa sangat berguna terutama saat Anda tidak ingin lupa menyampaikan pesan pada waktu tertentu kepada pengguna lain.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Saat hendak mengirim pesan, jangan langsung menekan tombil Send atau Kirim. Tekan dan tahan tombol Kirim, selanjutnya akan muncul menu pop-up untuk menentukan kapan pesan akan dikirim.

Kustomisasi Android Auto

Pengguna yang menggunakan aplikasi Android Auto pada mobilnya juga turut kebagian fitur baru. Google menawarkan opsi untuk menambahkan wallpaper custom dan game yang bisa pengguna aktifkan dengan suara yang bisa dimainkan saat perjalanan jarak jauh.

Google juga menambahkan jalan pintas di halaman utama Android Auto yang akan memudahkan pengguna untuk melihat update cuaca atau akses cepat ke kontak untuk mengirimkan pesan dan panggilan telepon.

Update Dark Mode di Google Maps

Mode Gelap Google Maps

Mode Gelap Google Maps (Sumber: Android Police)

Aplikasi Google Maps untuk Android kini mendapatkan fitur Dark Mode atau mode gelap. Sebelumnya Google Maps hanya menawarkan dark mode pada mode navigasi.

Dengan update fitur baru ini, semua bagian aplikasi Google Maps akan diselimuti warna gelap yang lebih nyaman di mata. Cara mengaktifkannya, buka pengaturan Google Maps, lalu pilih Theme dan klik ‘Always in Dark Theme’.

Talkback lebih mudah digunakan

Fitur Talkback juga mendapatkan update baru yang bertujuan untuk memudahkan pengguna tuna netra atau dengan gangguan penglihatan untuk menggunakan perangkat Android mereka.

Update kali ini membawa gesture, feedback lisan, opsi navigasi dan menu baru. Ada juga perintah suara baru, dukungan untuk dua bahasa di keyboard braille Talkback.

Google juga mengumumkan bahwa mereka telah menambahkan gestur multi-jari baru untuk perangkat Samsung Galaxy dan Pixel yang diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi.

Berita Populer