Connect with us

Kriminal

Ini 4 Oknum Kapolsek Terjerat Narkoba di Indonesia

Diterbitkan

on

kapolsek terjerat narkoba (suara pakar)

Suarapakar.com – Instansi kepolisian Republik Indonesia tercoreng, setelah ada oknum kapolsek yang terjerat dugaan kasus narkoba yaitu Kapolsek Astanaanyar, Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi.

Kompol Yuni tertangkap anggota Propam Polda Jawa Barat dan Mabes Polri, Selasa (16/2/2021), bersama 11 anggotanya. Dari hasil pemeriksaan tes urine, Kompol Yuni Purwanti positif mengonsumsi amphetamine atau sabu.

Tertangkapnya Kompol Yuni ini, menambah panjang daftar panjang oknum kapolsek di Indonesia yang tertangkap polisi terkait kasus narkoba. Siapa saja mereka?

Berikut kami sajikan daftar kapolsek yang ditangkap karena kasus narkoba melansir Detik.com dan berbagai sumber lainnya.

Baca juga: Kompol Yuni dan 11 Anak Buahnya Terancam Dipidanakan dan Dipecat

Ini Oknum Kapolsek Terjerat Narkoba

1. Kapolsek Cibarusah AKP Heru Budhi

Pada tahun 2012, Kapolsek Cibarusah, Bekasi, AKP Heru Budhi Sutrisno tertangkap tangan mengonsumsi dan memiliki 0,9 gram sabu.

Heru tertangkap oleh petugas Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya, Jumat 9 Maret 2012, pukul 21.30 WIB, di rumah dinasnya Jalan Raya Loji, Cibarusah, Bekasi.

Dari tangannya, polisi menyita 2 plastik kecil berisi masing-masing 0,58 gram dan 0,3 gram, korek gas, 2 bong berisi spiritus, 2 sendok dari sedotan, dan 2 kepala kompor.

2. Kapolsek Kebayoran Baru AKBP Benny Alamsyah

Pada tahun 2019 lalu, Kapolsek Kebayoran Baru AKBP Benny Alamsyah tertangkap karena memakai narkoba. AKBP Benny pun langsung dicopot dari jabatannya.

Mantan Kapolsek Kebayoran Baru itu ditahan Polda Metro Jaya. Benny, sebelumnya tertangkap Tim Propam Polda Metro Jaya di ruang kerjanya di Polsek Kebayoran Baru. Saat penggeledahan, tim Propam menemukan 4 paket sabu.

3. Kapolsek Payung Sumut Iptu Samson S Sembiring

Kapolsek Payung Karo, Sumatera Utara, Iptu Samson S Sembiring, tertangkap tangan karena narkoba jenis sabu pada 2019 lalu.

Polisi tidak menemukan barang bukti narkoba saat mengamankan Kapolsek. Namun, penangkapan ini berdasarkan pihak kepolisian terlebih dahulu mengamankan tiga orang tersangka, dengan barang bukti sabu sebanyak 3,1 gram, dan 2 alat isap sabu atau bong, timbangan elektrik, serta uang tunai.

Dan setelah ketiga tersangka, salah satu pelaku mengaku memperoleh barang haram tersebut dari oknum pejabat kepolisian terduga yaitu Kapolsek Payung.

4. Kapolsek Astanaanyar Kompol Yuni Purwanti

Yang terbaru Kapolsek Astanaanyar Kompol Yuni Purwanti dan belasan anggotanya tertangkap petugas Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Jawa Barat dan Mabes Polri, saat asyik pesta sabu, Selasa (16/2/2021).

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago, membenarkan peristiwa penangkapan tersebut, dengan salah satunya Kapolsek Kompol Yuni Purwanti.

Semuanya masih menjalani pemeriksaan oleh Bid Propam Polda Jabar dan terancam pemecatan bila hasil pemeriksaan mereka terbukti mengkonsumsi narkoba.

“Saya sampaikan, Propam Polda Jabar dan Mabes Polri mengamankan personel Polsek Astanaanyar terkait dugaan penyalahgunaan narkoba. Ada 12 orang termasuk kapolsek,” ungkap Erdi di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung melansir inews.com, Rabu (17/2/2021).

Erdi menyebutkan, penangkapan tersebut berawal dari pengaduan masyarakat ke Mabes Polri, yang kemudian menindaklanjutinya dan berkordinasi dengan Propam Polda Jabar. Hasilnya, satu orang oknum anggota Polsek Astananyar dengan barang bukti 7 gram sabu-sabu

Tim Propam Polda Jabar dan Mabes Polri pun lakukan pengembangan dan menangkap 11 oknum lainnya, termasuk Kapolsek Astanaanyar, Kompol Yuni Purwanti. Tim kemudian menggelandang semuanya ke Polda Jabar untuk pemeriksaan intensif.

Berita Populer