Connect with us

Nasional

Indonesia Terima Bantuan Ventilator dan Tabung Oksigen dari Singapura

“Saya ingin menyampaikan apresiasi untuk kerja sama dan solidaritas dari Pemerintah dan seluruh warga Singapura, atas konsistensinya untuk membantu melawan Covid-19 di Indonesia,”

Diterbitkan

on

Indonesia Terima Bantuan Ventilator (suara pakar)
Bantuan ventilator dan oksigen dari Singapura tiba di Indonesia, Jumat (09/07/2021). (Sumber: Humas Kemenkes)

Suarapakar.com – Indonesia menerima bantuan ventilator dan tabung oksigen dari Pemerintah Singapura untuk mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19. Bantuan tersebut berupa 200 ventilator dan 256 tabung oksigen kosong ukuran 40 liter.

Selain itu, pemerintah juga melakukan pembelian mandiri 30 unit oxygen concentrator dari total 10.000 unit. Bantuan tersebut dibawa dengan menggunakan dua pesawat Singapore Air Force C130 dan telah tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta pada Jumat (9/7/2021).

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi. Hal tersebut, imbuhnya, sekaligus sebagai bukti hubungan kedua negara berjalan dengan sangat baik.

Untuk selanjutnya, akan dilakukan serah terima perwakilan dari Pemerintah Singapura kepada Pemerintah Indonesia.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi untuk kerja sama dan solidaritas dari Pemerintah dan seluruh warga Singapura, atas konsistensinya untuk membantu melawan Covid-19 di Indonesia,” ujar Oscar, Jumat (9/7/2021).

Setibanya di Indonesia, seluruh bantuan itu selanjutnya akan dikalibrasi dan dilakukan pengecekan fungsi di pusat fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes). Serta Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) untuk memastikan keselamatan dan keamanan alat-alat kesehatan.

Baca juga: Pimpinan DPR: Bantuan Tunai Lebih Efektif Sampai ke Rakyat

Australia dan Tiongkok Siap Membantu Indonesia

Selain Singapura, Australia dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) juga telah menyampaikan kesiapannya untuk membantu dan mendukung Indonesia dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Pemerintah Australia menyatakan akan memberikan sumbangan berupa 1.000 ventilator CPAP BAST. Rencananya, bantuan itu tiba di Indonesia pada malam ini.

Pemerintah RRT juga akan mengirimkan sejumlah peralatan medis yang dibutuhkan, seperti 1.000 unit oxygen concentrator 5 liter, 500 unit oxygen concentrator 10 liter. Bantuan tersebut siap dikirim dari Shanghai ke Indonesia dalam waktu dekat ini.

Diakhir penuturannya, Oscar Primadi mengapresiasi dukungan kerja sama yang diberikan oleh sejumlah negara sahabat terhadap Indonesia. Menurutnya, ini sangatlah penting untuk membangun solidaritas global dalam mempercepat penanggulangan pandemi di dunia.

GRANPRIZE

Berita Populer