Connect with us

Nasional

HUT Damkar ke-102 Tahun, Bobby Janji Tambah 3 UPT dan Armada

“Tapi yang perlu ini UPT bisa ditambah agar jarak dan waktu tempuh pemadam ke lokasi kejadian lebih cepat,”

Diterbitkan

on

Armada Pemadam Kebakaran (suara pakar)
Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution saat menghadiri HUT Damkar Medan di Lapangan Merdeka Medan. (Foto: Istimewa)

Suarapakar.com – Pemko Medan akan menambah tiga Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pemadam Kebakaran guna mempercepat penanganan kebakaran di Kota Medan.

Hal tersebut dikatakan Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-102 tahun di Lapangan Merdeka Medan, Senin (1/3/2021).

Bobby mengatakan, pihaknya akan menambah armada Damkar agar menambahkan kecepatan dari kinerja petugas Damkar yang diberi waktu respon time maksimal 15 menit. Ia juga berharap, dengan penambahan UPT tersebut maka respon petugas Damkar akan menjadi lebih cepat nantinya.

“Kita akan menambah armada. Tapi yang perlu ini UPT bisa ditambah agar jarak dan waktu tempuh pemadam ke lokasi kejadian lebih cepat,” ucapnya.

Lebih lanjut Bobby menilai, saat ini Damkar Kota Medan membutuhkan tiga UPT lagi demi mencapai target respon waktu yang lebih cepat.

“Untuk mencapai target respon time yang lebih cepat kita harus menambah 3 UPT lagi. Apalagi Damkar tidak hanya memadamkan api tugasnya tapi juga keselamatan,” ungkapnya.

“Makanya di masa pandemi Covid-19 ini harus beradaptasi dan begitu juga dengan peralatan dan personel, harus diperhatikan,” tambahnya.

Baca juga: Honor PHL Dikurangi, Bobby Kumpulkan Semua OPD

Petugas Damkar Diminta Merawat Pohon

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengarahkan kepada kepala daerah agar lebih memberi perhatian khusus kepada petugas Damkar. Hal itu karena selain menangani kebakaran, Damkar juga menangani keselamatan manusia, misalnya tanaman.

Pada Hut Damkar ke-102 tahun itu, Bobby meminta kepada para petugas Damkar agar dapat merawat 2.000 pohon yang ditanam dibeberapa titik penghijauan seperti Lapangan Merdeka, Taman Beringin, Taman KONI dan masih banyak lainnya.

Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa pada beberapa tanaman masih belum layak tanam seharusnya menunggu waktu yang tepat sekitar 5 hingga 6 bulan kedepan sebelum ditanam.

Mendengar hal tersebut, warga kota Medan Wardah Aulia mendukung instruksi yang dilakukan oleh Walikota Medan terkait penambahan armada pemadam kebakaran.

“Gak masalah bang yang penting sesuai aja apa yang di katakan walikota terpilih ini, jangan nanti pas asa kebakaran alasannya kendaraan yang minim,” tuturnya kepada Suarapakar.com.

Reporter: Muhammad Ilham Pradilla

Berita Populer