Connect with us

Nasional

Hilal Tidak Terlihat di Medan, Awal Ramadhan 1442 H Jatuh Besok

“Kita Insya Allah besok melaksanakan ibadah puasa Ramadhan karena umur bulan telah mencapai lebih dari 8 jam,”

Diterbitkan

on

Awal Ramadan 1442 H (suara pakar)
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan H Hasan Matsum bersama Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution saat memantau hilal awal Ramadan 1442 Hijriyah di OIF UMSU (Foto: Jafar Wiajay)

Suarapakar.com – Pengamatan hilal penentuan awal Ramadhan 1442 Hijriyah yang dilaksanakan di Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang berada di Kampus Pasca Sarjana ‎di Jalan Denai, Kota Medan, Senin (12/4/2021) petang tidak terlihat. Hal itu disebabkan oleh dua faktor.

Hal tersebut dikatakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan H Hasan Matsum bersama Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution saat memantau hilal awal Ramadhan 1442 Hijriyah di OIF UMSU.

H Hasan Matsum mengatakan pada kesempatan ini tidak memungkinkan melihat hilal itu dikarenakan dua hal. Pertama karena hilal bulan masih sangat rendah, dimana masih berada 3 derajat.

“Sedangkan melihat itu secara langsung adalah 7 derajat,” ujar Hasan sebagaimana diterima tim Suara Pakar, Senin (12/4/2021).

“Kedua, untuk melihat hilal ini memang bagian dari syar’i untuk pelaksanaan puasa Ramadhan tapi kita berkeyakinan dengan 2 derajat sampai 3 derajat seluruh Indonesia,” lanjut Hasan.

Sementara itu, Walikota Medan, Bobby Nasution menambahkan bahwa dengan melihat hilal penentu awal Ramadhan tahun ini tidak terlihat karena adanya kabut tebal di Kota Medan.

“Karena posisi ketinggiannya kurang dan Medan banyak kabut ada 80 persen dari informasi BMKG dan itu menjadi faktor dari tidak terlihatnya hilal,” ujarnya.

Baca juga: OIF UMSU Pantau Hilal Awal Ramadhan 1442 H di Sumut

Awal Ramadhan 1442 H Disepakati 4 Negara Asia Tenggara

Lebih lanjut Hasan menjelaskan bahwa penentuan awal puasa Ramadhan 1442 H merupakan kesepakatan dari dari negara Malaysia, Indonesia, Brunei Darussalam dan Singapura.

“Kita Insya Allah besok melaksanakan ibadah puasa Ramadhan karena umur bulan telah mencapai lebih dari 8 jam,” jelasnya.

Karena pelaksanaan ibadah puasa secara nasional akan berlangsung pada Selasa (13/4/2021) besok, ia berpesan kepada masyarakat Kota Medan agar selalu menjaga kesehatan ketika menjalankan ibadah di tengah pandemi Covid-19.

“Tetap menjaga kesehatan karena sudah dua kali Ramadhan kita Covid tetap kita menjaga kesehatan,” imbaunya.

Reporter: Jafar Wijaya

Berita Populer