Connect with us

MotoGP

Hasil MotoGP Styria 2021: Jorge Martin Raih Kemenangan Perdana

Puncak klasemen MotoGP 2021 masih dikuasai oleh Fabio Quartararo dengan raihan 172 poin.

Diterbitkan

on

Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin, (Sumber: Twitter MotoGP)

Suarapakar.com – Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin sukses menjadi pemenang di MotoGP Styria 2021, Minggu (8/8/2021) malam. Bagi Martin, ini merupakan kemenangan perdananya di ajang MotoGP.

Namun, kemenangan ini merupakan podium keduanya pembalap asal Spanyol itu. Sebelumnya, Martin sudah pernah mendapatkan podium ketika finish ketiga di MotoGP Doha.

Dalam balapan di Red Bull Ring, Spielberg, Jorge Martin berhasil menyelesaikan 27 lap dengan catatan waktu 38 menit 7,879 detik. Ia berhasil memaksimalkan pole positionnya.

Melengkapi podium, posisi kedua ditempati Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar dengan catatan waktu 1,548 detik lebih lambat dari Martin. Disusul Fabio Quartararo di posisi ketiga yang berjarak 9,632 detik.

Dengan tambahan poin penuh di MotoGP Styria 2021, Martin kini mengumpulkan 48 poin. Puncak klasemen MotoGP 2021 masih dikuasai oleh Fabio Quartararo dengan raihan 172 poin.

Sementara itu, Petronas Yamaha SRT, Rossi, bisa naik empat tingkat dari posisi startnya. The Doctor mencatatkan waktu 38 menit 34,161 detik untuk menyelesaikan balapan. Sedangkan Marc Marquez, harus puas finis di posisi kedelapan, sama dengan posisi startnya hari ini.

Baca juga: Resmi, Valentino Rossi Putuskan Pensiun Usai MotoGP 2021

Jalannya Balapan MotoGP Styria 2021, Diwarnai Motor Terbakar

Motor Pedrosa dan Savadori terbakar di MotoGP Styria 2021, (Sumber: Twitter MotoGP)

Jalannya balapan, Francesco Bagnaia melakukan start bagus. Dia mampu mengambil posisi terdepan dari Jorge Martin.

Sebuah kecelakaan terjadi saat balapan menyisakan 26 lap. Ada kecelakaan yang melibatkan rider wild card KTM, Dani Pedrosa, dan Lorenzo Savadori (Aprilia Gresini) di tikungan ketiga.

Awalnya Pedrosa yang berada di urutan kedua belas terjatuh dari motornya. Lalu, Savadori yang berada di urutan kedua puluh satu datang dengan kecepatan tinggi dan tak bisa menghindari motor Pedrosa yang ada di trek.

Kecelakaan pun tak dapat terelakan. Akibat tabrakan itu, motor keduanya pun terbakar. Dalam kecelakaan itu, Pedrosa terlihat baik-baik saja. Namun, Savadori sempat dibawa dengan dengan ditandu ke Pusat Medis, tapi ia dinyatakan tak mengalami masalah.

Setelah itu, panitia mengibarkan bendera Red flag. Balapan pun dihentikan beberapa saat.

Setelah lintasan sudah dibersihkan, race pun di-start ulang. Race berjalan selama 27 lap.

Saat warm up, motor Maverick Vinales terlihat bermasalah. Ia pun harus memulai balapan dari pit lane.

Saat race dimulai kembali, Jack Miller melakukan start bagus. Ia mengambil posisi terdepan dari Martin.

Namun, Martin berhasil menyalip Miller saat balapan menyisakan 24 lap. Dalam sebuah trek lurus, dia menjadi yang terdepan.

Balapan mulai terbentuk usai lap ketiga. Setelah Martin dan Mir sukses menyalip Miller.

Quartararo juga sukses menyalip Miller di lap keenam. Di titik ini Martin dan Mir sudah mulai menjauh dari Quartararo di posisi ketiga.

Quartararo mulai mampu bernapas lega dalam mempertahankan posisi ketiga setelah Miller terjatuh di tikungan tujuh saat balapan menyisakan sepuluh lap. Tapi, El Diablo tidak bisa menggejar Martin dan Mir karena sudah terlalu jauh.

Martin juga diuntungkan dengan kesalahan Mir di tikungan tiga saat balapan menyisakan lima lap. Martin kemudian mempertahankan posisi terdepan dan menang MotoGP Styria 2021.

Berita Populer