Connect with us

MotoGP

Hasil MotoGP Belanda 2021: Fabio Quartararo Menang di Assen

Rossi finish posisi ke-21, sedangkan Marc Marquez yang start posisi ke-20 finish di tempat ke-7.

Diterbitkan

on

Fabio Quartararo Menang di Assen (suara pakar)
Pembalap Monster Energy Fabio Quartarato. (Sumber: Twitter MotoGP).

Suarapakar.com – Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, sukses keluar sebagai pemenang di MotoGP Belanda 2021, Minggu (27/6/2021) malam WIB. Kemenangan ini merupakan yang keempat kalinya Quartararo juara dari sembilan seri Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Di podium teratas, Fabio Quartararo ditemani oleh rekan satu timnya, Maverick Vinales di posisi kedua. Serta juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar di tempat ketiga.

Nasib sial dialami Valentino Rossi yang mengalami kecelakaan hebat pada tikungan 7 di lap kedelapan. Dengan insiden itu, Rossi turun dari posisi ke-12 ke posisi 21

Sebuah hasil yang akan bisa membuat Rossi memutuskan pensiun dari MotoGP akhir musim ini.

Sementara itu, hasil lumayan bagus diraih pembalap Spanyol Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda itu berhasil finis di posisi ke-7 setelah start dari posisi ke-20.

Para podium MotoGP Belanda 2021, (Sumber: Twitter MotoGP)

Baca juga: Marc Marquez Marah ke Repsol Honda, Jatuh di FP2 MotoGP Belanda

Jalannya balapan MotoGP Belanda 2021

Dalam balapan di Sirkuit Assen, Vinales memulai balapan dari pole langsung turun ke peringkat keempat pada lap pertama. Vinales sudah kehilangan posisi terdepan di turn 1 setelah disalip Fabio Quartararo.

Pada pertengahan lap pertama, Francesco Bagnaia dari pabrikan Ducati Lenovo sukses mengambil alih pimpinan balapan setelah meyalip Fabio Quartararo. Francesco Bagnaia terus memimpin hingga lap kedua diikuti oleh Fabio Quartararo dan Taakaki Nakagami dari LCR Honda.

Adapun, Pembalap Repsol Honda Marc Marquez yang memulai balapan dari urutan ke-20, sukses menyodok ke peringkat 11 pada lap pertama.

Namun, nasib berbeda harus dialami pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi. Posisi Rossi melorot dari urutan 12 ke 19.

Di lap keenam, Quartararo berhasil menyalip Bagnaia di tikungan 11. Jarak Quartararo dan Bagnaia hanya 0,464 detik di lap ketujuh.

Lalu di lap kedelapan, Valentino Rossi mengalami crash dan terjatuh di tikungan ke-7. Insiden itu membuat Valentino Rossi tidak bisa melanjutkan balapan.

Nasib sial juga menghampiri Bagnaia pada lap ke-14. Bagnaia harus menerima hukuman long lap penalty setelah dianggap melewat batas lintasan.

Hukuman itu membuat Bagnaia melorot ke urutan ke-8 pada lap ke-16. Nasib sial yang menghampiri Bagnaia kemudian dimanfaatkan Vinales untuk menduduki urutan kedua.

Vinales sukses menempati urutan kedua setelah Nakagami bersenggolan dengan Joan Mir di Tikungan 5. Adapun rekan satu tim Bagnaia, Jack Miller juga mengalami nasib sial pada lap ke-14.

Jack Miller langsung terdampar di urutan ke-18 setelah terjatuh di Tikungan 5. Hinga lap ke-23, Fabio Quartararo masih menjadi pimpinan balapan diikuti oleh Maverick Vinales dan Joan Mir. Posisi tiga terdepan itu pun tidak berubah hingga akhir balapan.

MotoGP kini akan memasuki waktu rehat musim panas selama lima pekan. Sebelum kembali bergulir di MotoGP Styria di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada 8 Agustus 2021.

Hasil Race MotoGP Belanda 2021, (Sumber: Twitter MotoGP)

GRANPRIZE

Berita Populer