Connect with us

Peristiwa

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 4,5 Km

“Jangan melakukan aktivitas pada radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara,”

Diterbitkan

on

Gunung Sinabung Erupsi Lagi (suara pakar)
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo erupsi, Rabu (28/7/2021). (Sumber: Imam/Jafar Wijaya)

Suarapakar.com – Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali mengalami erupsi pada hari ini, Kamis (27/7/2021). Dengan tinggi kolom abu vulkanik mencapai 4.500 meter atau 4,5 Km dari puncak gunung.

Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Armen Putra mengatakan, erupsi Gunung Sinabung terjadi pukul 13.20 WIB.

Erupsi Gunung Sinabung terjadi pada pukul 13:20 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 4.500 meter di atas puncak,” ujarnya.

Dia menyebutkan erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi 12 menit 22 detik. Erupsi Gunung Sinabung disertai dengan luncuran awan panas sejauh 1.000 meter masing-masing ke arah timur dan tenggara.

“Erupsi kali ini disertai dengan luncuran awan panas,” katanya.

Baca juga: Sebanyak Tujuh Rumah Rusak, Terdampak Gempa M 6,5 Tojo Una Una

Gunung Sinabung Berstatus Level 3, Masyarakat Diminta Waspada

Armen tetap mengimbau masyarakat agar menjauhi zona merah dengan tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung.

“Selain itu jangan melakukan aktivitas pada radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara,” imbaunya.

“Karena aktivitas Sinabung masih sangat tinggi dan dapat terjadi erupsi dan awan panas susulan kapan saja,” sambungnya.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung, Armen mengingatkan agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

“Jika terjadi hujan abu, tetap pakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Selain itu amankan sarana air bersih serta bersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh,” paparnya.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada warga yang terdampak abu vulkanis agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Ini untuk menghindari dampak buruk yang ditimbulkan abu vulkanis seperti ISPA dan iritasi pada mata.

“Untuk status Gunung Sinabung masih berstatus siaga level III,” ungkapnya.

Video Suasana Karo Pasca Gunung Sinabung Erupsi Rabu (28/7/2021)

Reporter: Jafar Wijaya

Berita Populer