Connect with us

Internasional

Gunakan Pesawat TNI AU, Indonesia Evakuasi 26 WNI dari Afghanistan

“Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU,”

Diterbitkan

on

Indonesia Evakuasi 26 WNI dari Afghanistan (suara pakar)
Pemerintah Indonesia mengevakuasi 26 WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU. (Sumber: Istimewa)

Suarapakar.com – Pemerintah Indonesia mengevakuasi 26 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kabul, Afghanistan. Hal itu menyusul peningkatan ketidakpastian setelah Taliban menduduki Istana Kepresidenan Afghanistan.

Kabar itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi melalui akun Twitter miliknya, Jumat (20/8/2021). Ia pun mengungkapkan bahwa proses evakuasi itu menggunakan pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU).

“Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU,” ujarnya.

Saat ini, dijelaskan Retno, pesawat sudah berada di Islamabad, Turki. Setelah itu, penerbangan akan dilanjutkan ke Indonesia.

“Pesawat saat ini sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia,” imbuhnya.

Dalam keterangan selanjutnya, ungkap Retno, pesawat yang berisi tim evakuasi itu membawa total 33 orang. Baik itu dari sipil maupun staf lokal KBRI.

“Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staff KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan (suami dari WNI dan staff lokal KBRI),” ungkapnya.

Namun, Retno tak mengabarkan lebih lanjut apakah masih ada WNI yang berada di Afghanistan. Selain itu, Retno juga belum menjabarkan mengenai operasional Kedutaan Besar RI selanjutnya di Kabul setelah prose evakuasi ini.

Baca juga: Sempat Kabur, Presiden Ashraf Ghani Berencana Pulang ke Afghanistan

Situasi Afghanistan Sedang Tak Menentu

Saat ini, situasi di Afghanistan sendiri sedang tak menentu. Pada Selasa (17/8/2021), pasukan keamanan Amerika Serikat bahkan sempat menghentikan semua penerbangan militer dan sipil di bandara Kabul setelah ribuan warga memenuhi landasan pacu.

Afghanistan kembali dalam gejolak setelah Taliban menduduki Kabul dan Istana Kepresidenan pada Minggu (16/8/2021). Presiden Ashraf Ghani pun kabur ke Uni Emirat Arab.

Ghani menyatakan bahwa saat ini, Taliban sudah memenangi seluruh pertempuran. Ia menegaskan bahwa Taliban bertanggung jawab untuk melindungi kehormatan, kemakmuran, dan harga diri rakyat Afghanistan.

Video WNI Tiba di Tanah Air Usai di Evakuasi Dari Afghanistan

Berita Populer