Connect with us

Nasional

Gubsu Tanggapi Temuan BPK soal Anggaran Penangan Covid-19 yang Bocor

“Nanti kalau 60 hari tak selesai, dan memang benar-benar ditemukan itu ada kesalahan, barulah ke aparat hukum. Ini baru 40 hari, masih berjalan ini,”

Diterbitkan

on

Gubsu Tanggapi Temuan BPK (suara pakar)
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. (Foto: Alfiansyah/Suara Pakar)

Suarapakar.com – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menanggapi delapan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di tahun 2020. Salah satunya tentang kegiatan Pemerintah Provinsi Sumut dengan anggaran mencapai Rp70.036.126.407 yang diperuntukkan menangani Covid-19.

Gubsu, Edy Rahmayadi merasa heran karena persoalan ini telah diketahui oleh publik.

“Harusnya belum ranahnya publik, aneh juga saya kalau sampai wartawan tahu,” ungkap Edy, Jumat (2/6/2021).

Ditambah Edy, persoalan anggaran tersebut juga telah menjadi soroton Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut. Dalam rapat paripurna terkait Laporan Pertanggung Jawaban Provinsi (LPPJ) Gubernur Edy Rahmayadi tahun 2020 beberapa waktu lalu.

Ia menyebutkan, perencanaan kegiatan Pemprovsu tersebut merupakan wewenang dinas terkait. Dan proses kegiatan itu dimulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban.

Baca juga: Obati Covid-19, Pemprov Sumut Berencana Teliti Tanaman Herbal

Jangka Waktu Laporan Pertanggungjawaban Keuangan 60 Hari

Menurut Edy, meskipun adanya temuan oleh BPK RI, laporan pertanggungjawaban keuangan itu memiliki jangka waktu selama 60 hari untuk melakukan pengecekan.

“Nanti kalau 60 hari tak selesai, dan memang benar-benar ditemukan itu ada kesalahan, barulah ke aparat hukum. Ini baru 40 hari, masih berjalan ini,” kata Edy.

Edy mengungkapkan, saat ini ia sudah memerintahkan dinas-dinas terkait untuk mencari dan membenahi persoalan tersebut. Namun Edy, tidak menjelaskan secara detil temuan BPK soal anggaran Covid-19 tersebut.

Sebab menurutnya, persoalan itu masuk dalam ranah internal Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu).

“Itu masih ranah internal, kok sampai ke ranah publik, salah ini. Ini ranah saya, kalian tak boleh tahu,” pungkas Edy.

Reporter: Alfiansyah

GRANPRIZE

Berita Populer