Connect with us

Nasional

Gubsu Akan Jenguk Luqyana Syasya, Bocah 5 Tahun Berpenyakit Kulit Langka

“Memang kita perlu ada ketegasan untuk menutup yang bisa membahayakan rakyat kita. Ini yang akan kita lakukan,”

Diterbitkan

on

Gubsu Akan Jenguk Luqyana Syasya, Bocah 5 Tahun Berpenyakit Kulit Langka (suara pakar)
Kondisi bocah 5 tahun yang terkena penyakit kulit langka (Foto: M Ilham Pradilla/Suara Pakar)

Suarapakar.com – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) akan mengecek kondisi bocah bernama Luqyana Syasya. Bocah 5 tahun yang terkena penyakit kulit langka seperti yang dialami Muhammad Haikal Nasution (9) dan Habibah Zakira Boru Nasution (3).

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengaku belum mengetahui informasi tersebut. Dan akan melakukan pengecekan terkait adanya bocah lain yang terkena penyakit kulit yang diduga akibat limbah merkuri sisa aktivitas pertambangan ilegal di Mandailing Natal.

“Nanti saya cek, saya belum tau kalau dia memang asalnya dari sana (Mandailing Natal) ini masih praduga. Ini saya masih terus pelajari,” ungkap Edy, Rabu (7/7/2021).

Ia mengatakan, jika memang bocah berusia 5 tahun tersebut mengalami penyakit yang sama dengan Muhammad Haikal Nasution (9) dan Habibah Zakira Boru Nasution (3). Pihaknya akan membawa Luqyana Syasya ke Rumah Sakit Haji Medan untuk dilakukan pengobatan.

“Kalau memang iya akan saya instruksikan untuk dirawat disana (RS Haji Medan),” katanya.

Baca juga: Bocah 5 Tahun di Medan Idap Penyakit Kulit Langka, Ayah Berharap Bantuan Gubernur

Edy Rahmayadi Berjanji Tutup Tambang Ilegal di Mandailing Natal

Lebih lanjut, Gubsu Edy menegaskan bahwa akan menutup aktivitas tambang ilegal yang membahayakan bagi masyarakat di kawasan Mandiling Natal.

“Memang kita perlu ada ketegasan untuk menutup yang bisa membahayakan rakyat kita. Ini yang akan kita lakukan,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, setelah bocah bernama Muhammad Haikal Nasution (9) dan Habibah Zakira Boru Nasution (3) mengalami penyakit kulit akibat dugaan limbah tambang kini hal yang sama dirasakan balita perempuan, bernama Luqyana Syasya, di Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan.

Bocah berumur 5 tahun itu semenjak dilahirkan oleh ibunya sudah mengidap penyakit kulit langka disekujur tubuhnya. Bahkan, jari kaki hingga tangannya terputus akibat penyakit kulit yang di alaminya itu.

“Seluruh badan sudah (mengelupas), giginya sudah patah-patah itu, udah busuk. Kukunya udah copot semua. Kuku kaki sama tangan,” ujar Ayah Syasya, Dedi Irawan Selasa (6/7/2021).

Diungkapkan Dedi, ia sudah membawakan Syasya berobat ke klinik/Puskesmas. Namun bukannya sembuh, penyakit yang diderita anak perempuannya itu malah semakin bertambah.

Oleh karena itu, Dedi berharap kepada pemerintah, khususnya Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi agar bisa memberikan bantuan pengobatan untuk anaknya.

GRANPRIZE

Berita Populer