Connect with us

Tekno Informasi

Google Tambah Fitur Caption Real Time di Chrome, Bantu Tuna Rungu

Google menambahkan fitur caption real time serta caption otomatis untuk membantu penyandang tuna rungu di seluruh pengguna peramban Chrome.

Diterbitkan

on

Fitur Caption Real Time (suara pakar)
Aplikasi Google Chrome, (Sumber: BGR/suara pakar)

Suarapakar.com – Google menambahkan fitur caption real time serta caption otomatis untuk membantu penyandang tuna rungu di seluruh pengguna peramban Chrome. Fitur ini telah dihadirkan sebelumnya khusus untuk pengguna ponsel Pixel.

Melansir Bisnis.com, fitur caption realtime dan caption otomatis menggunakan pembelajaran mesin berbasis kecerdasan buatan untuk video atau audio yang sebelumnya tidak ada. Dengan begitu, laman web menjadi lebih mudah diakses oleh penyandang tunarungu atau yang mengalami gangguan pendengaran.

Saat fitur ini diaktifkan, caption akan muncul secara otomatis dalam kotak kecil yang dapat dipindahkan di bagian bawah peramban saat anda menonton atau mendengarkan konten orang-orang berbicara.

Kata-kata tersebut muncul setelah adanya penundaan beberapa detik. Jadi, untuk ucapan yang cepat atau gagap masih ditemukan kesalahan penulisan.

Baca juga: Pertama di Indonesia, Logitech Rilis Earphone Gaming G333

Fitur Caption Real Time dan Caption Otomatis Sudah Muncul di Pixel 2019

Secara umum, fitur tersebut sama mengesankannya dengan saat pertama kali muncul di ponsel Pixel pada 2019. Bahkan caption akan muncul dengan audio yang dibisukan atau volume yang diturunkan.

Hal itu menjadikannya sebagai cara untuk memindai video atau podcast tanpa mengganggu orang lain di sekitar.

Sementara ini, caption otomatis di Chrome sudah berfungsi pada video YouTube, streaming Twitch, pemutar podcast. Serta layanan streaming musik seperti SoundCloud, dalam pengujian awal yang dijalankan oleh The Verge.

Namun, adapun kekurangannya, tampaknya caption otomatis di Chrome hanya berfungsi dalam bahasa Inggris. Kondisi tersebut juga berlaku di perangkat aplikasi seluler.

Untuk saat ini, caption otomatis dapat diaktifkan di versi terbaru Chrome dengan membuka Setelan atau Pengaturan. Kemudian pilih bagian “Lanjutan”, lalu “Aksesibilitas”.

Namun, jika Anda tidak melihat fitur tersebut, coba perbarui dan mulai ulang browser secara manual.

Saat Anda mengaktifkannya, Chrome akan dengan cepat mengunduh beberapa file pengenalan ucapan. Selanjutnya, teks akan muncul saat browser memutar audio saat orang-orang sedang berbicara.

Berita Populer