Connect with us

Internasional

Gara-Gara Gempa, Pria di Meksiko Divonis 208 Tahun Penjara

Pengadilan juga memerintahkan Velarde untuk membayar 377.450 peson (sekira Rp276 juta) kepada setiap keluarga korban.

Diterbitkan

on

Gara-Gara Gempa, Pria di Meksiko Divonis 208 Tahun Penjara (suara pakar)
Sekolah dasar Enrique Rebsamen di Mexico City yang hancur akibat gempa pada 2017. (Foto: istimewa)

Suarapakar.com – Pengadilan Meksiko memvonis seorang pria dengan hukuman 208 tahun penjara dalam sebuah kasus terkait sekolah yang ambruk.

Pria itu dinyatakan bersalah karena tuduhan pembunuhan 26 orang, sebagian besar anak-anak yang tewas saat sebuah gedung sekolah roboh akibat gempa kuat yang mengguncang Mexico City pada tahun 2017, demikian dilansir otoritas Meksiko pada Rabu (14/7/2021).

Kantor Jaksa Agung Mexico City mengatakan, pria tersebut merupakan direktur konstruksi pengembang gedung. Dia menjamin keamanan struktur bangunan sekolah di Tlalpan, sebuah distrik di selatan ibu kota Meksiko. Dia disinyalir tidak melakukan pengujian yang disyarakatkan meski ada penyimpangan dalam pembangunan gedung tersebut.

Kantor jaksa agung menyebut pria itu dengan nama Juan “N”. Kemudian media lokal mengenal pria itu dengan nama Juan Mario Velarde Gamez. Pengadilan juga memerintahkan Velarde untuk membayar 377.450 peson (sekira Rp276 juta) kepada setiap keluarga korban.

Baca Juga: Kerusuhan di Afrika Selatan, 72 Orang Dilaporkan Tewas

Sebanyak 26 Orang Tewas Akibat Gedung Sekolah Ambruk

Untuk diketahui, ada 19 anak dan 7 orang dewasa meninggal saat gedung sekolah swasta Enrique Rebsamen ambruk terkena gempa magnitudo 7,1 gempa paling mematikan di Meksiko dalam satu generasi. Setidaknya 369 orang tewas di ibu kota dan wilayah sekitarnya dalam peristiwa gempa tersebut.

Jaksa penuntut juga mengatakan, pada saat itu mereka telah membuka penyelidikan tentang kemungkinan adanya tindakan kriminal yang dilakukan pemilik gedung dan pengawas swasta dalam peristiwa itu.

Hukuman terhadap Velarde dijatuhkan saat sebuah penyelidikan lain dilakukan terhadap ambruknya jembatan layang kereta api di jalur 12 Mexico City yang juga menewaskan 26 orang. Jalur itu mengalami kerusakan parah akibat dihantam gempa yang sama, menurut data pemerintah.

GRANPRIZE

Berita Populer